KPU Gresik Kirim Logistik Pemilu ke Pulau Bawean

GresikSatu | Distribusi logistik pemilu 2024 ke pulau Bawean Gresik akhirnya selesai dilaksanakan. Pengiriman logistik tersebut menggunakan 1 truk besar dan kapal motor penyeberangan (KMP) Gili Iyang.

Satu truk tersebut mengangkut ribuan kotak suara yang digunakan untuk pemilu 14 Februari mendatang.

Di Bawean sendiri ada sebanyak 61 ribu Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 273 TPS yang ada di 30 desa, dan 143 dusun di Pulau Bawean.

Setiap TPS memiliki 5 kotak suara yakni DPRD Provinsi, DPD, DPRD Kota/Kabupaten, DPR RI, serta Presiden dan Wakil Presiden. Total ada sebanyak 1.365 kotak suara yang didistribusikan khusus untuk Pulau Bawean.

“Alhamdulillah sampai dengan aman dan selamat, pemberangkatannya kemarin pukul 10.00 WIB dan sampai pukul 18.00 WIB menggunakan Kapal Gili Iyang,” ungkap Komisioner Divisi Data KPU Gresik Abdullah Sidiq Notonegoro, Selasa (6/2/2024).

Baca juga:  Temukan 718 DPT yang berpotensi TMS, Bawaslu Minta KPU Gresik Lakukan Validasi

Pemberangkatan dimulai dari Gudang logistik KPU Gresik menuju Pelabuhan di Paciran hingga sampai di Pulau Bawean. Proses tersebut dimonitoring langsung oleh anggota KPU Jatim dan Sekretaris KPU Jatim.

“Kita bawa satu truk untuk kendaraan operasional distribusi logistik, untuk efisiensi waktu agar tidak kerja dua kali hanya untuk bongkar muatnya,” terangnya. 

Pulau Bawean sebagai bagian dari Kabupaten Gresik menjadi sasaran prioritas distribusi logistik pemilu dibandingkan dengan kecamatan lainnya di Gresik.

“Sementara jadwal pendistribusian logistik ke masing-masing TPS H-1. Sekarang masih tersimpan di gudang dengan penjagaan ketat oleh PPK Polsek dan Koramil,” jelasnya. 

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler