KSOP Gresik Rutin Patroli Jelang Hari Raya Idul Fitri 

GresikSatu | Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Gresik rutin melakukan patroli menjelang hari raya idul fitri. Patroli itu sebagai antisipasi tindakan yang tak diinginkan selama lebaran.

Patroli ini melibatkan petugas gabungan yang terdiri dari KSOP Gresik, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Gresik, dan Surabaya, Satpolairud, Polsek Kawasan Pelabuhan, dan Pelindo.

Tampak para petugas mengelilingi area pelayaran barat Surabaya (APBS) di Perairan Laut Gresik. Dua armada kapal KPLP beserta satu skoci melintasi dan berkeliling meninjau aktivitas lalu lalang kapal. Sekitar satu jam lebih petugas mengelilingi area APBS sore itu.

“Patroli gabungan ini, untuk pengawasan dan pengamanan jelang lebaran hari raya Idul Fitri di perairan APBS,”ucap Kepala Posko Lebaran Pelabuhan Gresik Firmawan, Kamis (13/4/2023).

Petugas juga membagikan dan menempelkan stiker sosialisasi, himbauan keselamatan pelayaran. Dalam sosialisasi itu juga tertera pengaduan darurat. Jika ada beberapa kejadian darurat yang harus dilakukan. Baik itu keselamatan, maupun keamanan berlayar. Maka, segera menghubungi kontak person yang sudah ada di stiker tersebut.

Baca juga:  Gelombang Tinggi Menyerang Bawean, Kapal Express Bahari 6F Balik Kucing ke Pelabuhan Gresik

“Termasuk kami juga mengimbau untuk tidak berlayar, jika cuaca kurang baik,” ujarnya.

Diakuinya, jelang Hari Raya Idul Fitri biasanya sering terjadi kasus pencurian saat malam hari. Untuk itu, pihaknya melakukan patroli rutin bersama aparat kepolisian baik dari Satpolairud, maupun Polsek Kawasan Pelabuhan.

“Hal ini juga sebagai antisipasi hal-hal buruk yang terjadi di Pelabuhan. Dengan patroli ini kapal-kapal yang berada di APBS ini terjamin keamanan dan keselamatan berlayar,” tutur pria yang juga sebagai Kasi Lalu Lintas Angkutan Lalut (Lala) KSOP Gresik.

Saat ini, tambah dia H-9 hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Jumlah penumpang yang naik kapal, baik kapal penumpang maupun barang sudah ada 1.588 orang. Sedangkan yang turun ada 629 orang dari seluruh aktivitas kapal di Pelabuhan Gresik.

“Jumah itu, mulai dari H-15 sampai H-9. Ada kenaikan dari tahun lalu 1, 84 persen,” tambahnya.

Baca juga:  Gudang Aspal di Area Pelindo Gresik Terbakar, Kerugian Ditaksir Puluhan Juta

Captain KM atau kapal cargo Indah 88 Gresik Sibolangit Perkasa, Yudo Hadi Winarno mengaku kaget, saat didatangi para petugas gabungan. Namun demikian, pihaknya sudah terbiasa dengan patroli petugas. Bahkan hal tersebut membuat pihaknya terbantu. Karena dilakukan pengawasan dan pengamanan oleh petugas Pelabuhan.

“Kami ada 15 crew, hendak berlayar membawa muatan 1.600 ton pupuk dari Gresik ke Kalimantan,” ucapnya.

“Patroli ini, bagi kami sangat membantu pelayaran dan keselamatan kami saat berlayar,” ujarnya.

Turut hadir dalam patroli tersebut Kepala KSOP Gresik Hotman Siagian, Kabag Ops Satpolairud Polres Gresik Ipda Bagyo, Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli (Kasi KBPP) Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik

Alit Sudarsono, Perwira Jaga  KSOP Kelas II Gresik Hendro Cahyono, Kapolsek Kawasan Pelabuhan AKP Sugeng, beserta petugas Satpolairud, KPLP, TNI-AL, dan Pelindo (Faiz/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler