Libur Panjang Hari Raya Waisak di Gresik, Pengguna Kapal Express Bahari Melonjak

GresikSatu | Libur panjang hari raya waisak yang dimulai pada hari ini, Kamis (23/5/2024) hingga empat hari mendatang, dimanfaatkan warga untuk melakukan wisata. Salah satunya di Pulau  Bawean.

Terpantau ratusan pengguna Kapal Express Bahari memadati area Pelabuhan Gresik. Para pengguna kapal terdiri dari wisatawan, masyarakat Bawean dan rombongan instansi.

Pada masa liburan panjang ini, pengguna kapal cepat Express Bahari yang melayani rute Gresik – Bawean maupun sebaliknya, pun mengalami peningkatan karena libur panjang ini. 

Kepala Cabang Gresik PT Pelayaran Sakti Inti Makmur Express Bahari, Revan Syah Putra mengatakan, kenaikan jumlah penumpang masa liburan panjang tidak terlalu signifikan. Artinya hanya naik tipis. 

Baca juga:  Tiga Bulan Tanpa Dokter Spesialis Kandungan, Puluhan Warga Bawean Persalinan ke Jawa

“Ada peningkatan 2 %, momentum libur panjang,” ucapnya. 

Kendati demikian, pihaknya memprediksi kenaikan penumpang akan terus terjadi. Lantaran akan memasuki perayaan Idul Adha. Namun, sejauh ini pihak operator kapal masih belum menambah jadwal tambahan kapal.

“Jadwal kapal jelang lebaran, sudah kita buka online, kalau nanti kouta tiket yang disediakan full dan dirasa ramai penumpangnya, kita tambah jadwal,”jelasnya. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh perwira jaga dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Gresik, Capt M Zaenal menuturkan, penumpang yang embarkasi dan debarkasi di Pelabuhan Gresik tidak terlalu mengalami kenaikan, pada momentum libur panjang ini. 

“Tapi relatif banyak, hari ini ada 393 penumpang, anak-anak 4, serta ada dua jenazah,” ucapnya. 

Baca juga:  BPKH dan LAZISNU Bagikan Daging Kurban untuk Korban Gempa Bawean Gresik

Pihaknya bersama stekholder terkait, Dishub Gresik, TNI-Polri, Pelindo akan terus memberikan pelayanan prima kepada jasa penumpang kapal. Termasuk himbauan tentang keamanan, keselamatan berlayar dan cuaca. 

“Kami terus cek kondisi cuaca dan kapal sebelum berangkat dari Pelabuhan Gresik,” jelasnya.

Salah satu pengguna kapal, Didik telah berlayar ke Pulau Bawean untuk berwisata. Rencananya, dia bersama istrinya akan mengunjungi beberapa destinasi wisata alam di Pulau Bawean

“Kebetulan libur panjang, bersama istri mau liburan ke Bawean selama tiga hari. Kami akan berwisata ke pantai Gili Noko, pantai Cina, dan mau cari makan Lobster,” tambahnya.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler