Selasa, Januari 31, 2023

Liga 2 Dihentikan, Ini Tuntutan Ultras Gresik 

GresikSatu | Ratusan suporter Ultras Gresik melakukan aksi protes terkait liga 2 yang dihentikan. Para suporter itu ngamuk dan mengeluruk di kantor Askab PSSI Gresik di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik.

Mereka (para suporter) geram dengan keputusan PSSI menghentikan Liga 2 dan meniadakan Liga 3. Suporter Gresik United tersebut meminta PSSI melanjutkan Liga 2.

Tampak masa aksi membawa banner, spanduk bernada protes dengan sikap PSSI yang menghentikan Liga 2 dan melanjutkan Liga 1 tanpa degradasi.

Perwakilan massa aksi Kaji Riki menyampaikan, pihaknya bersama para suporter Ultras menuntut liga 2 dan liga 3 agar dilanjutkan kembali. Menurutnya keputusan tersebut, dinilai sebagai biang keladi bobroknya federasi sepakbola Indonesia.

“Kami Ultras Gresik adalah pemantik, bentuk awal perjuangan teman-teman bahwa keputusan PSSI pusat pemberhentian Liga 2 adalah salah,” ungkapnya, Kamis (19/1/2023).

Baca juga:  Hadapi Liga 3 Nasional, Gresik United Seleksi Tujuh Pemain

Senada dengan disampaikan massa aksi, Ketua Askab PSSI Gresik Rofiqi secara tegas menyampaikan aksi ini untuk segera ditindaklanjuti Asprov PSSI Jawa Timur dan PSSI pusat.

“Karena kompetisi berkualitas itu penting, kalau Liga 1 tidak ada degradasi berarti kompetisi tidak berkualitas. Makanya teman-teman Ultras cukup menarik dan strategis bahwa teriakan dari bawah bisa sampai ke pusat. kami suarakan aspirasi teman-teman Ultras,”urainya.

Dari tuntutan untuk segera melanjutkan liga 2 dan 3. Massa aksi bersama asosiasi PSSI Gresik menghasilkan beberapa keputusan. 

Pertama, Asosiasi PSSI Kabupaten Gresik mendukung penuh aksi teman-teman supporter khususnya Ultras Gresik dan siap meneruskan ke PSSI Provinsi Jatim dan PSSI pusat. 

Kedua, Asosiasi PSSI Gresik bersama-sama dengan Ultras Gresik dan seluruh stake holder Sepak Bola se-Kabupaten Gresik menyatakan dengan tegas menolak pemberhentian Liga 2 dan Liga 3 musim 2022/2023.

Baca juga:  Rayakan HUT Pertama, Media Gresik Satu Gandeng Gresik United Gelar Talkshow Bola

Ketiga, mendukung penuh Liga 1 dihentikan apabila Liga 2 dan Liga 3 tidak dilanjutkan atau tidak digelar.

Keempat, mendesak pemerintah dalam hal ini Kemenpora untuk berkomunikasi dengan PSSI agar mengupayakan kompetisi Liga 2 dan Liga 3 bisa kembali dilanjutkan.

Dan Kelima, memberikan apresiasi kepada Ultras Gresik menjadi organisasi supporter garda terdepan untuk menyuarakan gerakan aksi supporter secara nasional. (faiz/aam)