Lolos Administrasi, 62 Peserta Calon Anggota KPU Gresik Ikuti Tes CAT dan Psikologi

GresikSatu | Setelah melalui tahapan verifikasi berkas sejak penutupan pendaftaran tanggal 19 Maret 2024 kemarin, diumumkan sebanyak 62 pendaftar calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik dinyatakan lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Timsel KPU Jatim 3 memeriksa kelengkapan berkas pendaftaran para peserta. Hampir seluruh peserta dinyatakan lolos kecuali beberapa yang tidak memenuhi persyaratan.

“Hampir semuanya dapat lolos yakni 62 peserta bisa mengikuti tahapan selanjutnya,” terang Ketua Timsel KPU Jatim 3 Sasongko Budhisusetyo, Kamis (28/3/2024).

Mayoritas peserta yang tidak lolos seleksi administrasi disebabkan pertama umur, peserta diwajibkan minimal berusia 30 tahun, sementara masih ada pendaftar yang berusia di bawah 30 tahun.

Kemudian, berkas yang disyaratkan tidak lengkap. Diantaranya : surat keterangan tidak pernah dipidana dari Pengadilan Negeri, surat kesehatan jasmani rohani, dan surat keterangan bebas narkoba dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Baca juga:  Dua Kades Maju Pilkada Gresik Jalur Independen Tak Penuhi Syarat Pendaftaran

“Ini persyaratan yang sering tidak dipenuhi atau ada tapi tidak sesuai peruntukkannya, seperti masa kemarin tapi digunakan kembali,” jelasnya.

Sementara untuk partisipasi perempuan pendaftaran Komisioner KPU kabupaten/kota, menurut Sasongko masih minim.

“Rata-rata hanya 15 persen, kecuali Surabaya dan Tuban partisipasi perempuan mencapai 25 persen,” ungkapnya.

Bagi peserta yang lolos Tahapan Administrasi, dijadwalkan akan mengikuti Seleksi Tertulis CAT dan Tes Psikologi pada tanggal 31 Maret-5 April 2024. Peserta akan kembali mengerucut dengan menyisakan 20 nama.

“Bagi peserta yang lolos, Timsel akan merangking untuk menentukan 20 besar peringkat terbaik. Selanjutnya mereka akan mengikuti tahapan Tes Kesehatan dan Wawancara,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler