Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Kolesterol Saat Lebaran, Agar Tak Tiba-tiba Naik

GresikSatu | Saat merayakan hari kemenangan atau lebaran akan banyak sajian enak yang dihidangkan. Namun, bagi Anda penderita kolesterol jangan sampai ini menjadi hal yang buruk akibat asal memakan sesuatu.

Agar tak tersandung kolesterol tinggi, Anda harus menahan godaan dan membatasi konsumsi makanan Lebaran yang lezat.

Meski ini momen setahun sekali, kesehatan tetap harus menjadi perhatian bersama.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik dr Puspitasari Whardani menyampaikan, saat momen berkumpul bersama keluarga, masyarakat harus tetap menjaga pola makan. Apalagi untuk penderita kolesterol dan diabetes.

“Untuk penderita kolesterol, dianjurkan menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi antara lain : jeroan, gorengan, makanan cepat saji, kuning telur, mentega, dan udang,” ungkapnya. 

Baca juga:  Segera Daftar! KPU Gresik Mulai Buka Lowongan PPK dan PPS

Salah satunya seperti Kue Kering, sebab dalam pembuatan kue menggunakan mentega dan kuning telur. Sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan akan memicu kolesterol naik. 

“Ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh,” terangnya. 

Batas kadar kolesterol total normal di dalam tubuh adalah kurang dari 200 mg/dL dan kadar HDL kurang dari 40 mg/dL.  

“Kami menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol seperti : beras merah, sayuran hijau, gandum, kedelai, kacang kacangan, apel, pisang, jeruk,” tuturnya. 

Penggunaan minyak zaitun, minyak kanola, minyak biji bunga matahari untuk memasak juga bisa membantu menurunkan kolesterol.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler