Menganal si Mas Bro Kapibara, Hewan Segala Medan

GresikSatu| Kapibara merupakan Satu-satunya hewan pengerat yang masih hidup, karena sifatnya yang friendly. Kapibara kerap di sapa “mas bro.”

Hewan yang hidup di sekitaran Amerika Selatan ini, ternyata menguasai segala medan alam. Ia dapat hidup di darat, mapun di air. Makanan Kapibara adalah rumput, namun sering ditemukan mereka memakan kulit pohon, daun, hingga lumut air.

Beratnya mencapai 65 kg, dan memiliki bentuk tubuh pendek besar. Panjangnya sekitar 130 cm dengan tinggi 60 cm. Terdapat banyak hal menarik tentang hewan yang satu ini, penasaran?

Inilah beberpa hal menarik tentang kapibara.

Gaya Komunikasi

Kapibara memiliki “kode” tersendiri dalam beberkomunikasi, biasanya melalui isyarat. Dalam berkomunikasi, kerap kali kapibara memngertakkan gigi, menggonggong, merengek, bersiul, hingga menangis.

Komunikasi yang inik ini juga dimanfaatkan kapibara, untuk memantau dan menggiring kelompoknya. Kapibara akan memberi syarat tentang adanya bahaya, memanggil anak-anaknya dan lain-lain.

Friendly dengan semua hewan

Apa karena gaya komunikasi yang unik itu, kapibara mudah untuk beradaptasi. Ia juga menjadi sandaran bagi hewan-hewan lainnya, untuk istirahat.

Menjadi hewan paling ramah di bumi, bukan hanya bualan belaka. Tak jarang, kapibara berkwan dengan para pemangsa seperti buaya. Kapibara betina bahkan sering mengadopsi anak hewan lain, untuk mereka rawat hingga anak hewan tersebut dapat mandiri.

Sifatnya yang jinak, dan tidak mudah terganggu. Membuat kapibara sering terlihat berkawan dengan berbagai hewan, seperti kucing dan anjing.

Kehidupan kapibara

Hewan ini menghabiskan waktu sehari-hari dengan bersantai, makan, hingga berpelukan dengan yang lain. Sebagai hewan nokturnal, ia sering terlihat berkelompok. Sekelompok kapibara 10-20 ekor.

Rentan umur kapibara mencapai 10 tahunan, namun saat dialam liar ia hanya dapat bertahan dalam waktu 4-5 tahun. Sebab kapibara adalah incaran para predator alam.

Si “mas bro” kapibara akan berendam dalam air, jika predator datang. Seringkali, ia terlihat seperti gundukan batu di rawa-rawa.

Itulah fakta menarik seputar Kapibara, yang di sebut-sebut “mas bro.” Karena kedekatannya, dengan berbagai jenis hewan yang lain.

Reporter:
Abdullah Farkhan Baihaqi
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler