Niat Awal Bangunkan Sahur, Puluhan Pemuda di Bawean Gresik Saling Baku Hantam

GresikSatu | Puluhan pemuda di Bawean Gresik saling baku hamtan saat bangunkan sahur. Entah apa penyebab kericuhan tersebut, yang jelas dalam video yang berdurasi 30 detik itu, ada beberapa kelompok remaja saling pukul disaat waktu membangunkan sahur.

Kejadian tersebut terjadi di Desa Kotakusuma, Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean. Tepatnya di depan Kantor BMKG Bawean dan samping Masjid Jami Muhamadiyah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi sekitar pukul 02.30 WIB, Kamis (20/4 /2023). 

Kanit Reskrim Polsek Sangkapura Bripka Hendro Susanto membenarkan kejadian tersebut. Aparat langsung membubarkan kerumunan para pemuda, yang tidak jelas motif tawuran yang dilakukan. 

“Informasinya ada yang bawa sound, saat sahur. Padahal hal tersebut banyak ditentang masyarakat Bawean,” ungkapnya, Kamis (20/4/2023). 

Baca juga:  Kapal Bawean Gili Iyang Dihantam Ombak, Truk Angkut Udang Terguling Timpa Sepeda Motor

Untuk itu, dalam meminimalisir hal tersebut pihaknya juga beberapa kali melakukan sosialisasi dan penyuluhan bersama Forkopimcam. 

“Kalau hanya sekedar imbauan dari Kecamatan, tidak akan efektif. Harus ada aturan biar mengikat, dan ada konsekuensi,” jelasnya. 

“Serta tidak semua harus menjadi tugas aparat kepolisian. Namun, juga butuh dukungan masyarakat bersama-sama melakukan pencegahan. Mulai dari masyarakat level RT, Kades, sampai Kecamatan,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler