ODGJ di Gresik Ngamuk Lempari Batu, Diamankan Petugas Malah Ceburkan Diri ke Tambak

GresikSatu | Salah seorang warga yang mengalami gangguan kejiwaan mengamuk dan melemparkan batu ke pengguna Jalan Raya Tebaloan Duduksampeyan, Gresik.

ODGJ tersebut membawa kayu dan suka melempar batu kepada warga dan pengendara yang melintas. Sehingga para warga resah, harap-harap cemas saat melihatnya dari kejauhan.

Hal itu pun membuat warga melaporkan kejadian itu ke petugas. Namun saat akan dilakukan pengamanan, ODGJ itu malah kabur dan menceburkan diri ke tambak milik warga.

Hal itu pun membuat petugas dari Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Dinas Sosial (Dinsos) Gresik kewalahan. Sampai akhirya ODGJ itu berhasil diamankan.

Pekerja Sosial Ahli Muda Dinsos Gresik Alfi Ariyanto mengatakan, ODGJ tersebut diamankan setelah dirinya mendapatkan laporan dari warga sekitar yang merasa resah.

Baca juga:  Menjawab Tudingan Ketua DPRD Terhadap Karang Taruna Gresik (Bagian 1)

Sebab, ODGJ tersebut kerap melempar batu kepada warga dan pengendara yang melintas.

“Mendapatkan laporan ini, kami bersama Satpol PP Gresik dan TKSK Duduksampeyan langsung melakukan penelusuran,” ungkapnya, Minggu (2/5/2024).

Setelah dilakukan penelusuran, keberadaan ODGJ tersebut terlihat duduk di bawah pohon. Melihat objek dari jauh, tim berusaha melakukan evakuasi perlahan

“Namun saat hendak kami dekati, ODGJ tersebut langsung kabur,” tuturnya.

Petugas Dinsos dan Satpol PP sempat terlibat kejar-kejaran dengan ODGJ yang lari saat hendak dievakuasi. Sementara ada saja tingkah yang dilakukan ODGJ.

“Petugas kami tadi juga sempat lepas baju untuk melakukan pengejaran karena ODGJ-nya lari mencebur ke dalam tambak,” jelas pria yang akrab dipanggil Alfi tersebut.

Baca juga:  Pemuda Duduksampeyan Gresik Nekat Gagahi Bocah 13 Tahun, Ancam Sebarkan Foto Syur Jika Menolak

Hingga kini, pihaknya belum bisa memastikan identitas ODGJ tersebut. Pihak yang bersangkutan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur, Surabaya untuk mendapatkan perawatan.

“Setelah dinyatakan sembuh akan dilakukan asessment guna pengungkapan nama dan alamat ODGJ tersebut,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler