Home Berita Gres Lifestyle Pameran dan Lomba Mewarnai Damar Kurung Seniman-Pelajar Gresik

Pameran dan Lomba Mewarnai Damar Kurung Seniman-Pelajar Gresik

0
Pameran dan Lomba Mewarnai Damar Kurung Seniman-Pelajar Gresik
Ketua panitia pameran dan lomba melukis Damar Kurung, Iskandar./ (Foto:TBK/Gresiksatu.com)

GresikSatu I Damar Kurung sudah menjadi salah satu diantara ikon Kabupaten Gresik. Seni melukis ini di populerkan oleh Mbah Masmundari dan sudah mejadi warisan budaya. Menyambut HUT Kabupaten dan kota Gresik, Al Hambra Resto menggelar pameran Damar Kurung dan lomba mewarnai Damar Kurung pelajar Paud dan TK se-Kecamatan Duduksampeyan mulai 15-19 Maret.

Untuk pameran Damar Kurung nanti, ada 3 seniman Gresik yang mengikuti yakni Joko Iwan dengan 3 karya, Kris Adji 5 karya dan Anhar mengirim 12 karya Damar Kurung. Sementara lomba mewarnai Damar Kurung diperkirakan ada 100 pelajar Paud dan TK yang mengikuti.

Ketua panitia pameran dan lomba melukis Damar Kurung Iskandar mengatakan acara ini dalam rangka menyambut hari jadi Gresik ke-549 dan HUT Pemkab Gresik ke-49. Kegiatan ini juga sekaligus untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya ke anak-anak.

“Pameran dan lomba Damar Kurung ini dalam rangka HUT Gresik. Kita mengutamakan lomba untuk anak Paud dan TK, tujuannya untuk melestarikan budaya Gresik,” ucapnya, Selasa (7/3/2023).

Sementara itu untuk pameran Damar Kurung, Iskandar menjelaskan agenda pameran untuk yang kali pertama hanya diikuti 3 seniman tersebut untuk mengenalkan salah satu warisan budaya Gresik kepada masyarakat yang ada di pelosok Desa.

“Jadi biar tidak terpusat di Kota saja. Sebagai masyarakat Gresik kita seharusnya bangga punya warisan budaya seperti Damar Kurung ini. Pameran sementara kami mengundang 3 seniman, tapi kedepan akan lebih banyak,” jelas pria yang akrab disapa Is itu. (Tov)