Pasar Gadang Kota Malang Akan Direvitalisasi, Berikut Rencana Tempat Relokasi dan Pengembangan

GresikSatu | Pasar Gadang merupakan salah satu ikon historis Kota Malang yang telah menjadi pusat kegiatan perdagangan dan budaya selama bertahun-tahun.

Saat ini, rencana revitalisasi Pasar Gadang sedang digulirkan untuk memperbarui fasilitas dan memajukan ekonomi lokal.

Infrastruktur yang sudah tua dan kurangnya fasilitas modern membuat Pasar Gadang membutuhkan peremajaan untuk meningkatkan daya tariknya.

Rencana Revitalisasi dan Relokasi

Pemerintah Kota Malang bersama pihak terkait telah merumuskan rencana revitalisasi Pasar Gadang.

Langkah pertama adalah relokasi sementara pasar ke lokasi yang strategis untuk memudahkan pelaksanaan pembangunan.

Tempat Relokasi Sementara

Pj Walikota Wahyu Hidayat pada hari Rabu pagi, 1 Mei 2025 dengan didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Prov Jatim Dr. Nyono, S.T, M.T dan jajaran dishub mengunjungi Terminal Hamid Rusdi.

Baca juga:  Relokasi Pelebaran Jalan Manyar, Pemkab Gresik Klaim Tak Ada Penolakan dari Warga

Salah satu realisasi dari rencana revitalisasi pasar Gadang yang menjadi penyebab Pemkot merasa harus melakukan dialog dengan Dishub Provinsi Jatim.

Rencananya Pemkot memakai Terminal Hamid Rusdi yang selama ini tak berfungsi dengan optimal dapat menjadi penampungan pasar sementara hingga program pemkot terhadap pasar induk terselesaikan.

Namun rencana pemindahan yang juga disambut baik oleh Dishub Provinsi Jatim ini masih belum ada kepastian tanggal kapan akan dilaksanakan dari pihak Pemkot.

Salah satu fokus utama dari revitalisasi Pasar Gadang adalah modernisasi fasilitas. Pembangunan gedung yang lebih modern dengan fasilitas lengkap akan meningkatkan kenyamanan dan daya tarik bagi para pedagang dan pengunjung.

Diharapkan revitalisasi Pasar Gadang dapat memberikan dampak positif secara ekonomi dan sosial bagi Kota Malang.

Baca juga:  Terapkan Parkir Nontunai, Bupati Bentuk Tim Satgas Awasi Jukir Mokong

Peningkatan infrastruktur pasar diharapkan akan membuka peluang baru bagi para pelaku usaha lokal dan menciptakan lingkungan yang lebih modern dan nyaman bagi masyarakat.

Revitalisasi Pasar Gadang merupakan tonggak penting dalam pembangunan Kota Malang. Dengan perencanaan yang matang dan partisipasi aktif dari berbagai pihak, pasar ini akan mengalami transformasi positif yang akan memberikan manfaat jangka panjang bagi seluruh komunitas.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler