Pasien RSUD Umar Mas’ud Bawean Gresik Dievakuasi ke Tenda Darurat Akibat Gempa Susulan

GresikSatu | Pulau Bawean kembali dilanda gempa susulan, Sabtu (23/3/2024) kemarin malam. Meski guncangannya tidak sebesar sebelumnya, cukup membuat warga panik.

Termasuk pasien dari RSUD Umar Mas’ud Bawean Gresik. Pasien-pasien yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit tersebut pun langsung dievakuasi ke tenda darurat.

Kejadian ini menyebabkan kepanikan di antara pasien dan keluarga pasien. Salah satunya adalah Ely Asmawati (41), yang tengah menemani keluarganya di RSUD, mengungkapkan ketakutannya atas situasi tersebut.

“Tadi lagi duduk di halaman RSUD Umar Mas’ud, tiba-tiba ada gempa lagi. Ini pasien kakak saya Samsudin (45) dievakuasi ke tenda darurat,” ujarnya dengan nada khawatir.

Ibu asal Desa Pudakit Barat, Kecamatan Sangkapura ini, menyebut sudah tiga hari berada di rumah sakit tipe D milik Pemkab Gresik itu. 

Baca juga:  Gempa Susulan Laut Tuban, Satu Masjid Ambruk di Bawean Gresik

“Masih trauma dan ini pindah ke tenda darurat, karena di halaman rumah sakit takut kemungkinan terjadi gempa susulan,” ujarnya. 

Sementar Itu Direktur Utama RSUD Umar Masud Bawean, Drg Helizzamah, menjelaskan bahwa upaya evakuasi dilakukan seiring dengan terjadinya gempa susulan.

“Kami telah berupaya memindahkan pasien ke ruang poli yang dinilai lebih kokoh. Namun, mengingat psikologis pasien yang masih trauma, mereka lebih memilih untuk dipindahkan ke tenda darurat,” ungkapnya.

Selain evakuasi pasien, RSUD juga tengah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menyiapkan tenda darurat di sekitar rumah sakit.

“Langkah ini diambil sebagai tindakan pencegahan mengingat potensi terjadinya gempa susulan lebih lanjut,” bebernya.

Baca juga:  Warga Bawean Gresik Pilih Tidur di Tenda Takut Gempa Datang Lagi

Akibat kejadian gempa tersebut, setidaknya terdapat 4 ruangan RSUD Umar Mas’ud yang rusak akibat gempa. Antara lain UGD, ruang bersalin, rawat inap dahlia, dan rawat inap bougenville. 

“Ruang lainnya yang berpotensi rusak saat ini kami kosongkan,” terangnya.

Kendati demikian, ia menyebut seluruh stok obat masih dalam kondisi aman, dan peralatan medis tetap dapat digunakan dengan baik.

“Kami akan terus memantau perkembangan situasi di RSUD Umar Mas’ud Bawean Gresik pasca-gempa susulan untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada masyarakat,” pungkasnya.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler