Pemuda Bawean yang Mencuri Motor di Gresik, Baru Dua Minggu Keluar Penjara

GresikSatu | Pelaku maling motor yang beraksi di Kawasan Heritage Bandar Grissee, ternyata seorang residivis yang baru saja keluar dari Lapas Rutan Cerme.

Pelaku yang bernama Jefri (26) asal Dusun Tambak Timur, Desa /Kecamatan Tambak, Pulau Bawean kini diamankan atas perbuatannya.

“Pelaku baru dua minggu keluar dari penjara Rutan Gresik,” ungkap Kapolsek Gresik Kota AKP Rachmat Triyanto, Rabu (17/5/2023). 

Pelaku, lanjut dia merupakan residivis kasus pencurian handphone di Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean tahun lalu 2022. Pelaku ditangkap oleh Unit Reskrim Polsek Sangkapura saat itu. 

“Setelah bebas, pelaku langsung melakukan pencurian sepeda motor ini,” jelas mantan Kapolsek Tambak dan Sangkapura itu.

Pihaknya saat ini masih terus penyelidikan kepada pelaku. Pasalnya pelaku beberapa kali keluar masuk penjara atas kasus pencurian. 

Baca juga:  Komplotan Maling Motor di Mengare Gresik Ketangkap, Babal Belur Dihajar Warga

“Tidak hanya di Gresik Kota dan Bawean. Kami lakukan penyelidikan dahulu,” ujarnya. 

Sebelumnya, Seorang pemuda asal Pulau Bawean nekat mencuri sepeda motor di Kawasan Heritage Bandar Grissee, Jalan Hos Cokrominoto, Kelurahan Bedilan, Kecamatan/Kabupaten Gresik. Rencananya, hasil curian tersebut akan digunakan sebagai biaya pulang ke Bawean.

Namun, rencana tersebut gagal total. Pelaku yang bernama Jefri (26) berasal dari Dusun Tambak Timur, Desa/Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, langsung ditangkap oleh petugas di Mapolsek Gresik Kota setelah sebelumnya menjadi bulan-bulanan warga.

Kejadian ini terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, pada Rabu (17/5/2023). Saat itu pelaku berjalan kaki di kawasan Heritage Bandar Grissee. Setiba di lokasi kejadian, ia melihat sepeda motor Honda Scoopy dengan nopol W 5410 DR yang diparkir di halaman rumah.

Baca juga:  Apes! Motor Baru Tiga Minggu Beli, Digondol Maling di Duduksampeyan Gresik

Kunci sepeda motor yang masih terpasang di dalamnya, membuat pelaku berpikiran jahat. Maka, pelaku memanfaatkan kesempatan ini untuk mmebawa kabur sepeda motor tersebut.

Pelaku kemudian membawa kabur dengan mendorong sepeda motor yang dicurinya sejauh 100 meter dari tempat kejadian. Begitu sepeda motor dinyalakan, pemiliknya segera berteriak memanggil pencuri.

Akhirnya, pelaku menjadi bulan-bulanan warga. Pada saat yang bersamaan, anggota buser sedang melakukan patroli di area Bandar Grisse. Pelaku langsung ditangkap oleh polisi. (faiz/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Gresik Gres