Pendaftaran Bacaleg Gresik Dibuka Mulai 1 Mei 2023

GresikSatu | Proses tahapan Pemilu 2024 terus berlanjut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik segera membuka pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg).

Pendaftaran Bacaleg dibuka selama 14 hari, mulai tanggal 1 – 14 Mei 2023. Sejumlah partai politik (parpol) sibuk melengkapi syarat yang diminta. 

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Gresik Elvita Yuliati mengungkapkan syarat administratif yang harus diajukan para calon untuk mendaftar.

Syarat yang perlu dilengkapi yakni surat pernyataan dengan formulir model BB pernyataan, surat keterangan dari PN menyatakan tidak pernah dipidana penjara.

“Kemudian, ijazah minimal SMA, surat keterangan sehat jasmani rohani, serta surat keterangan bebas narkoba,” ungkapnya, Kamis (27/4/2023).

Selain itu, para pendaftar juga harus melampirkan bukti terdaftar sebagai pemilih, KTP-el, KTA Parpol, dan Pas Foto. KPU menekankan kelengkapan berkas bacaleg yang diajukan oleh parpol. KPU sendiri akan bersurat dengan narahubung setiap parpol untuk menanyakan kesiapan mereka mengajukan bacalegnya.

Baca juga:  PPK Benjeng Gelar Sosialisasi Pemilu 2024 ke Siswa SMA NU 3 Gresik

“Namun harus sesuai ketentuan yakni keterwakilan perempuan mencapai 30 persen dan mendapat persetujuan pimpinan pusat,” terangnya.

Setelah mendaftarkan diri, berkas tersebut akan diverifikasi mulai tanggal 15 Mei – 23 Juni. Kemudian diumumkan pada tanggal 24 – 26 Juni mendatang. Untuk melakukan perbaikan berkas administrasi, bisa diajukan tanggal 25 Juni – 9 Juli 2023.

“Di bulan November nanti akan kami susun Daftar Calon Sementara (DCS) dan tetapkan nama Daftar Calon Tetap (DCT),” pungkasnya.

Dari 9 Dapil yang menaungi 18 kecamatan di Kabupaten Gresik, akan bertarung memenangkan kursi dalam kontestasi politik mendatang. (ovi/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler