Pengunjung Perpusda Gresik Naik Berkali Lipat dalam 3 Bulan Pertama Tahun 2024

GresikSatu | Pengunjung Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik melonjak berkali lipat hanya dalam 3 bulan pertama (Triwulan 1) di Tahun 2024.

Tak tanggung-tanggung kenaikannya bahkan sangat jauh dibandingkan tahun lalu.

Dari data yang berhasil dihimpun, jumlah pengunjung Perpusda Gresik hingga 19 April 2024 mencapai 6.943 orang.

Yang terdiri dari 2.670 pengunjung laki-laki dan 4.273 pengunjung perempuan.

Sementara jumlah pengunjung Perpusda Gresik hingga November 2023 mencapai 10.624 orang. Kemudian hingga akhir tahun 2022 hanya 4.624 orang.

Pustakawan Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpussip) Kabupaten Gresik, Inuk Rahmawati menyampaikan Kenaikan ini tidak lepas dari berbagai program inovasi yang dilakukan.

“Dalam waktu 3 bulan, pengunjung kita sudah meningkat. Hal ini tak lepas dari berbagai inovasi yang dilakukan Perpussip Gresik,” ungkapnya, Selasa (23/4/2024).

Baca juga:  Asik! Perpustakaan Gresik Kini Tersedia Buku Braille untuk Penyandang Tunanetra

Ada sejumlah program yang telah dilakukan untuk meningkatkan literasi di Gresik. Yakni, wisata pustaka anak sekolah (wes puas), berdama perpustakaan read aloud (baperlo), literasi bersama mobil pintar (lisa pintar), kunjungan anak sekolah studi arsip pemula (kuas starla), dan yang terbaru Sekolah Berkisah Indonesia (SBI).

“Kita juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk meningkatkan literasi di Gresik. Dalam sehari pengunjung sekolah bisa mencapai angka 150 orang di luar pengunjung umum,” bebernya.

“Tak hanya membaca di perpussip, banyak siswa-siswi yang juga bisa membuat buku dan memeberikan karyanya kepada kami,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler