Permudah Pasien Akses Layanan Kesehatan, Begini Cara Daftar Akun Mobile JKN

Gresiksatu | Aplikasi Mobile JKN telah membawa banyak manfaat bagi para peserta JKN. Kanal canggih tersebut mempermudah akses layanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Dengan memiliki akun JKN, pengguna dapat mengelola data keanggotaan dan memanfaatkan berbagai layanan kesehatan yang tersedia. Bahkan Anda dapat mengaksesnya secara cepat dan mudah kapan saja melalui ponsel.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Janoe Tegoeh Prasetijo menyampaikan JKN Mobile adalah aplikasi mobile yang diluncurkan untuk memperluas akses dan meningkatkan kualitas layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Mobile JKN menyediakan akses informasi tentang program jaminan kesehatannya kepada semua peserta secara real-time. Selain itu, juga meningkatkan efisiensi proses administratif melalui sistem yang cepat, mudah, tanpa perlu menunggu antrean lama,” tuturnya, Selasa (11/6/2024).

Aplikasi Mobile JKN sangat bermanfaat bagi peserta JKN, Diantaranya : Peserta dapat melakukan pengecekan secara mandiri data status kepesertaan maupun pembayaran iuran.

Kemudian, Peserta dapat melakukan perubahan data secara mandiri meliputi perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Alamat Domisili, Hak Kelas Rawat, Nomor Telepon Seluler, dan Email.

Baca juga:  BPJS Kesehatan Gresik Pastikan Program UHC Sudah Banyak Memberikan Manfaat

Ada juga Fitur Kartu Digital yang dapat digunakan sebagai identitas peserta JKN dalam mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan.

“Pengambilan antrian pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan secara online melalui menu Pendaftaran Pelayanan bisa didapatkan. Sehingga Peserta mendapatkan estimasi waktu pelayanan tanpa harus menunggu di Fasilitas Kesehatan,” terangnya.

Data ketersediaan kelas rawat inap di Rumah Sakit dapat diakses secara mandiri oleh Peserta melalui menu Info Ketersediaan Tempat Tidur.

Selain itu, Peserta dapat menyampaikan permintaan informasi atau pengaduan melalui menu Pengaduan Layanan JKN yang dapat terhubung dengan Petugas BPJS Kesehatan.

Bagi Peserta BPJS Kesehatan Mandiri yang menghendaki pembayaran iuran JKN dengan mekanisme cicilan dapat dilakukan melalui menu REHAB (Rencana Pembayaran Secara Bertahap).

Berikut Cara Daftar Akun Mobile JKN :

  1. Download Aplikasi Mobile JKN.
  2. Klik menu “Masuk/Daftar yang ada di pojok kiri atas.
  3. Klik menu Daftar.
  4. Masukkan Namor Induk Kependudukan (NIK) Anda (lihat di KTP/Kartu Keluarga) Lalu masukkan kode Capcha setelah itu klik menu Verifikasi Data.
  5. Setelah muncul NIK Anda lalu masukkan nomor handphone [HP], email serta password sesuai petunjuk yang diberikan. Masukkan kembali password sama seperti yang telah dibuat.
  6. Klik kotak didepan Saya setuju hingga tercentang, kemudian klik Selanjutnya.
  7. Klik metode verifikasi yang Anda inginkan, melalui SMS (Harus ada pulsa reguler) atau melalui email (email pribadi Anda yang aktif).
  8. Contoh menggunakan metode verifikasi dengan nomor HP, ketikkan nomor HP Anda yang aktif lalu klik “Kirim Kode Verifikasi.
  9. Cek kotak pesan pada HP Anda yang dikirim dari BPJS Kesehatan, cek kode yang diberikan.
  10. Masukkan kode yang ada di HP, kemudian klik Verifikasi.
  11. Akan muncul notifikasi status berhasil jika Anda telah berhasil melakukan registrasi.
Baca juga:  Program UHC, RSWH Balongpanggang Beri Layanan Terbaik ke Masyarakat
Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler