Persiapan Angkutan Arus Mudik Lebaran, KSOP Gresik Uji Petik Kapal KM Express Bahari

GresikSatu | Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik melakukan uji petik kapal penyeberangan Pulau Bawean, Kapal KM Express Bahari 3 F.

Pelaksanaan uji petik kapal Express Bahari 3 F, berjalan dengan aman dan lancar. Tampak petugas Dishub Gresik, beserta Nahkoda dan ABK kapal mengikuti proses uji petik. Mulai dari pemeriksaan mesin serta alat-alat keselamatan kapal.

Kegiatan ini, bertujuan dalam rangka memastikan kesiapan angkutan transportasi arus mudik lebaran ke Pulau Bawean tahun 2024.

Kasi Status Hukum dan Sertifikasi Kapal (SHSK) KSOP Gresik, Alit Sudarsono pelaksanaan uji petik dilakukan sejak sekitar pukul 09. 00 WIB, Jum’at (8/3/2024).

“Kegiatan ini petik ini dalam rangka kesiapan angkutan mudik lebaran ke Pulau Bawean di Tahun 2024,” ucapnya, di kapal Express Bahari 3f didampingi Kasi Keselamatan Berlayar Patroli dan Penjagaan (KBPP) KSOP Gresik Capt. Firmawan.

Baca juga:  KSOP Gresik Rutin Patroli Jelang Hari Raya Idul Fitri 

Dari pelaksanaan kegiatan ini, pihaknya ingin memastikan kapal Express Bahari 3 F laik laut. Bahwa kapal untuk melakukan perjalanan atau pelayaran di laut, yaitu keadaan kapal yang memenuhi persyaratan keselamatan kapal.

Dengan demikian, nantinya kapal penumpang Express Bahari 3 F ini, bisa dipastikan memenuhi persyaratan angkutan kapal.

“Ini sebagai langkah memudahkan layanan keberangkatan kapal dari Pelabuhan Gresik menuju Pelabuhan Bawean,” ujarnya.

Dari hasil uji petik kapal Express Bahari 3F dinyatakan uji laik. Sesuai rencana akan diberangkatkan pada tanggal 12 Maret 2024.

“Sesuai rencana kapal Express Bahari 3F akan beroperasi pada tanggal 12 Maret mendatang. Menggantikan kapal Express Bahari 6 F yang akan melakukan dooking,” tuturnya.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler