Prakiraan Cuaca Jawa Timur: Potensi Hujan Ringan di Sebagian Wilayah Jawa Timur pada Hari Minggu

GresikSatu | Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sebagian besar wilayah di Jawa Timur diprediksi akan mengalami hujan lebat pada hari Minggu siang (26/5/2024) hingga sore hari.

“Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di wilayah Trenggalek, Malang, Batu, Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, dan Bondowoso.” ungkap BMKG.

Wilayah yang Berpotensi Mengalami Hujan

  • Malang Raya

Kawasan Malang Raya, termasuk Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, juga diharapkan mengalami hujan dengan intensitas tinggi.

  • Madiun dan Ponorogo

Di bagian barat Jawa Timur, daerah Madiun dan Ponorogo diprediksi akan mengalami curah hujan yang cukup tinggi.

Baca juga:  Musim Kemarau, Ada 64 Desa di Gresik Berpotensi Kekeringan 

BMKG memperkirakan hari ini, suhu udara berkisar antara 15 hingga 35 derajat Celsius dengan kelembapan antara 50 hingga 100 persen.

Sedangkan angin dominan bertiup dari arah timur-tenggara dengan kecepatan 05 hingga 30 km/jam.

Untuk wilayah perairan, tidak ada potensi hujan yang diperkirakan akan terjadi. Dengan perkiraan arah angin di perairan juga didominasi dari timur-tenggara dengan kecepatan maksimum 20 knots (37 km/jam) di Laut Jawa bagian timur dan 21 knots (39 km/jam) di Samudera Hindia selatan Jatim.

Gelombang laut diperkirakan setinggi 0.1-0.75 meter di Selat Madura, 0.2-1.5 meter di Laut Jawa bagian timur, dan 0.75-2.25 meter di Samudera Hindia selatan Jatim.

Baca juga:  Gempa Mojokerto Terasa di Gresik, Warga di Kecamatan Driyorejo Panik Keluar Rumah
Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler