Program Mudik Gratis Pemkab Gresik, Posko Terminal Bunder Diserbu Ratusan Pemudik

GresikSatu | Ratusan warga memadati area terminal Bunder, Gresik. Warga berbondong-bondong mendaftarkan diri mudik gratis yang diadakan oleh Pemkab Gresik.

Terlihat mereka sudah antre membawa persyaratan KK dan KTP, untuk daftar mudik gratis di hari pertama pendaftaran, Senin (3/4/2023). Tercatat hingga pukul 14.00 WIB siang, sudah ada 600 orang calon pemudik yang sudah terdaftar. 

Salah satu warga Bety Ratnasari mengaku sangat terbantu, dan mengapresiasi mudik gratis kendaraan bus oleh Pemkab Gresik. Perempuan usia 30 tahun itu merupakan perantau asal Kabupaten Trenggalek yang bekerja di Gresik.

“Terima kasih Pemkab Gresik sudah menyediakan fasilitas mudik gratis. Saya sangat terbantu, sebab menghemat ongkos pulang kampung,” katanya di Posko pendaftaran Kantor Dishub. 

Hal yang sama juga dirasakan oleh Ririn Novitasari. Perempuan yang berusia 34 tahun ini hendak mudik ke Bojonegoro. Rencananya, ia bersama anaknya yang masih balita akan mudik ke Bojonegoro. 

Baca juga:  KA Lokal Komuter Indro Tambah Jam Perjalanan Tiga Kali Sehari 

Mudik gratis naik bus minim resiko keselamatan di jalan raya dibanding dengan naik motor. Karena saya mengajak anak balita, jadi lebih nyaman. Mudah-mudahan tahun depan ada lagi,” harapnya. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, juga turut meninjau ratusan masyarakat yang mendaftarkan diri mudik gratis. Bupati milenial itu mengatakan, ada tambahan rute mudik gratis 2023 ini.

“Yakni rute menuju Madura. Nantinya bisa melayani masyarakat yang pulang kampung ke Kabupaten Bangkalan hingga Kabupaten Sumenep,” ungkapnya, Senin (3/4/2023) di Kantor Dishub Gresik. 

Gus Yani sapaan akrabnya, momen mudik kali ini merupakan penawar rindu yang mahal harganya. Karena tahun lalu masih ada larangan mudik karena pandemi Covid-19.

“Kami turut bahagia melihat masyarakat dapat merasakan mudik dan menikmati masa lebaran bersama keluarga. InshaAllah di tahun mendatang bisa terselenggara lagi seperti harapan masyarakat,” tuturnya. 

Baca juga:  SIG Berangkatkan Ratusan Pemudik Jakarta ke Berbagai Daerah di Jatim dan Jateng

Bagi masyarakat yang sudah mendaftar akan diberikan kupon mudik gratis. Nantinya kupon tersebut digunakan saat pemberangkatan mudik gratis oleh Pemkab Gresik pada tanggal 20 April mendatang. 

Diberitakan sebelumnya Pemkab Gresik melalui Dishub bakal menyediakan fasilitas mudik gratis. Rencananya pelaksanaan mudik gratis secara simbolis akan diberangkatkan dari Halaman Pemkab Gresik, oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad pada tanggal 20 April mendatang.

Program mudik gratis ini, kini sudah disedikan 11 bus dengan tujuan 19 kota di Jawa Timur. Antara lain, Pasuruan, Situbondo, Probolinggo, Lumajang, Jember, Malang Blita, Jombang, Kediri, Tuluanggung, Trengelake, Madiun, Ponorogo, Lamongan, Bojonegoro, Ngawi, Madiun, Magetan dan Madura. (faiz/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler