Progres Bawean Pulau Perintis Pendidikan, Dispendik Gresik Segera Launching English Camp

GresikSatu | Progres Program Bawean Pulau Perintis Pendidikan yang digagas Dinas Pendidikan (Dispendik) terus berlanjut. Program ini akan segera diluncurkan dengan kegiatan English Camp yang akan diadakan di Sekolah Ponpes Mambaul Falah, Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat terutama dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan mengenal lingkungan sekitar.

Kepala Bidang Pengelolaan PAUD dan Non Formal Dispendik Gresik, Nur Fadhilah, mengungkapkan bahwa kegiatan English Camp akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Juni hingga 9 Juli mendatang. Sebanyak 30 peserta dari Gresik dan 50 peserta dari Pulau Bawean diharapkan akan turut serta dalam kegiatan ini.

Baca juga:  Geger! Anak Punk Jadi PSK di Bawean, Ketangkap Dipaksa Keluar Pulau

“Selama 2 minggu kegiatan, para peserta akan mendapat pelatihan bahasa Inggris serta lesson study sebagai pembekalan bagi guru dan pengajar bahasa Inggris yang akan dihadirkan dari salah satu universitas di Gresik,” katanya, Minggu (14/5/2023).

Program Bawean Pulau Perintis Pendidikan ini tidak hanya menekankan pada penguasaan bahasa Inggris, melainkan juga memperkenalkan alam di sekitar Pulau Bawean. Nur Fadhilah menambahkan bahwa program ini akan berlanjut dengan kegiatan pengolahan ikan dan pemasaran hasil ikan tersebut.

“Hal ini dilakukan dengan kerjasama Perguruan Tinggi di Gresik dan direncanakan akan dilaksanakan pada tahun depan,” jelasnya.

Sekedar diketahui, Tahun 2022, program ini telah menelan anggaran sebesar Rp 250 juta dan tahun 2023 sebesar Rp 500 juta. Anggaran ini berasal dari APBD. Nur Fadhilah menambahkan bahwa program ini juga akan melibatkan masyarakat sekitar, termasuk tokoh dan Pemdes setempat, seperti halnya kampung Pare di Kediri.

Baca juga:  Tak Ada Hujan dan Angin, Rumah di Bawean Gresik Mendadak Ambruk

Sebagai program berkelanjutan, Nur Fadhilah menegaskan bahwa program ini akan memberikan kesempatan bagi puluhan anak sekolah untuk berkunjung ke Pulau Bawean. Selain itu program ini akan diimbangi dengan pembuatan area kampung Inggris seluas 1.500 m2 di sekolah masing-masing.

“Melalui program Bawean Pulau Perintis Pendidikan, Dispendik Gresik berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam memajukan pendidikan di wilayah Kabupaten Gresik,” pungkasnya. (faiz/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler