Proses Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Gresik Dimulai Hari Ini

GresikSatu | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik mulai menggelar rekapitulasi pemilu 2024 tingkat kabupaten.

Rekapitulasi ini menjadi tahapan penting bagi proses akhir pemilu di Kabupaten Gresik.

Rencananya, rekapitulasi ini akan digelar selama tiga hari di Hotel Santika Gresik. Mulai tanggal 28 Februari – 1 Maret 2024.

Ketua KPU Gresik Akhmad Roni menyampaikan KPU Gresik hari ini melakukan proses rekapitulasi setelah menerima hasil rekapitulasi dari kecamatan.

Kemudian, D-Hasil kecamatan akan dibacakan oleh PPK pada rekapitulasi tingkat Kabupaten.

“Dilaksanakan tiga hari, mulai hari ini hingga jum’at besok,” ungkapnya, Rabu (28/2/2024).

Rekapitulasi tingkat kabupaten dilakukan secara bertahap. Pada hari pertama dilakukan untuk Kecamatan Sangkapura, Kecamatan Tambak, Kecamatan Balongpanggang, Kecamatan Benjeng, Kecamatan Cerme dan Kecamatan Duduksampeyan.

Baca juga:  Temukan 718 DPT yang berpotensi TMS, Bawaslu Minta KPU Gresik Lakukan Validasi

Kemudian, pada hari kedua rekapitulasi dilakukan untuk Kecamatan Wringinanom, Kecamatan Driyorejo, Kecamatan Dukun, Kecamatan Panceng, Kecamatan Ujungpangkah, Kecamatan Sidayu, Kecamatan Manyar dan Kecamatan Bungah.

Sementara hari ketiga rekapitulasi dilakukan untuk Kecamatan Gresik, Kecamatan Kebomas, Kecamatan Kedamean dan Kecamatan Menganti.

“Jadwal seharinya sebanyak 6 kecamatan, jadi setiap kecamatan akan membacakan 5 jenis surat suara. Dimulai dari Pilpres, DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten,” tuturnya.

Rekapitulasi tingkat kabupaten ini diikuti oleh KPU Gresik, Bawaslu Gresik, PPK, Saksi Partai, hingga Saksi DPT. Dengan pengamanan dari TNI-Polri.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler