Proyek SPAM Umbulan Rampung, Warga 8 Desa di Kecamatan Duduksampeyan Gresik Rasakan Manfaat

GresikSatu | Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, kini telah rampung.

Sebanyak delapan desa di kecamatan Duduksampeyan tersebut sudah mulai menikmati manfaat dari sumber air bersih yang berasal dari Umbulan Pasuruan.

Pemasangan Sambungan Rumah (SR) secara gratis oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik telah selesai, membawa perubahan positif bagi warga setempat.

Delapan desa yang sudah menikmati air SPAM Umbulan meliputi, Desa Sumengko, Sumari, Duduksampeyan, Petisbenem, Wadak Lor, Wadak Kidul, Kawistowindu, dan Kemudi.

Samsul warga Desa Duduksampeyan, menyambut baik dengan adanya air Perumda Giri Tirta masuk wilayah Duduksampeyan. Ia mengaku terbantu adanya air bersih terutama saat musim kemarau.

Baca juga:  Dugaan Korupsi Perumda Giri Tirta, Polres Tunggu Hasil Audit

“Sangat terbantu, kemarau sangat terasa sampai ngangsu, sekarang alhamdulillah air Umbulan masuk Duduksampeyan, sudah tidak perlu manggil air tangki,” ucapnya pada Sabtu (1/6/2024).

Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (CKPKP), Ida Lailatus Sa’diyah, menyampaikan, total terdapat 4.895 SR yang telah terpasang di wilayah tersebut.

Menurut Ida, proyek ini sangat membantu warga terutama saat musim kemarau, karena mereka tidak perlu lagi membeli air tangki.

“Alhamdulillah semuanya sudah terpasang. Dalam waktu dekat, Pak Bupati Gus Yani akan mengunjungi warga untuk melihat langsung hasilnya,” ujarnya.

Namun, Ida juga tidak menampik kemungkinan adanya kendala awal seperti air keruh. Hal ini disebabkan oleh proses flushing, yaitu pembersihan kotoran berupa kerak dan endapan dalam saluran perpipaan dengan tekanan tertentu melalui katup pengurasan.

Baca juga:  Dirut Perumda Giri Tirta Gresik Kurnia Suryandi, Dikenal Sosok yang Tegas

Perluasan proyek ini juga direncanakan untuk tahun 2024, dengan target mencakup Desa Pandanan yang berada di perbatasan Gresik dengan Kabupaten Lamongan.

“Sedangkan Khusus di Desa Kemudi, pemasangan pompa masih dilakukan melalui kerja sama dengan pihak desa, karena reservoir belum dibangun,” bebernya.

Proyek SPAM Umbulan ini tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar warga akan air bersih, tetapi juga membawa harapan baru bagi kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Duduksampeyan, Gresik.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler