Minggu, Januari 29, 2023

Rekutmen Calon PKD Membludak, Bawaslu Gresik Tutup Pendaftaran

GresikSatu | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gresik resmi menutup rekruitmen calon anggota Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) kemarin, terlihat antusias warga Gresik membludak.

Sebanyak 1.157 peserta mendaftaran diri sebagai calon anggota PKD, dengan rincian 594 laki-laki dan 563 perempuan dari 18 Kecamatan se Kabupaten Gresik.

Komisioner Divisi SDM Bawaslu Gresik Maslukin menerangkan tahapan seleksi seluruh calon anggota PKD selanjutnya yaitu penyeleksian berkas administratif kemudian disusul tes wawancara. 

“Bawaslu Gresik akan mengoreksi berkas prasyarat calon anggota PKD. Bila tidak memenuhi syarat, kita tetapkan gagal lolos tahap awal dan tidak dapat melanjutkan tahapan. Sedangkan tes wawancara akan digelar pada 31 Januari – 2 Februari mendatang,”ungkapnya, Jum’at (20/1/2023).

Baca juga:  Ribuan Calon Anggota PPS Gresik, Ikuti Tes Tulis Secara Serentak di Setiap Kecamatan

PKD dibentuk untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada pada tingkat Kelurahaan atau Desa, berjumlah 1(satu) orang setiap Kelurahan atau Desa. Secara hierarkis PKD bekerja dibawah koordinasi Panwaslu Kecamatan.

“Kami mengapreasiasi antusiasme masyarakat menyongsong pemilu. Pendaftar tertinggi berasal dari Kecamatan Balongpanggang. Nantinya Anggota PKD yang terpilih akan aktif berkoordinasi dengan Panwascam selama mengusung tugas melakukan pengawalan pemilu,” katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Gresik Divisi Sosialisasi dan SDM Makmun sedang menyelesaikan monitoring tes wawancara terhadap 2.417 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 1.068 kursi yang tersedia. 

“Setiap Desa atau Kelurahan membutuhkan 3 personil dalam membantu melaksanakan pemilu. Semoga para peserta memiliki prodfesionalitas, integritas, dan netralitas dalam menyukseskan pemilu 2024,” pungkasnya. (ovi/aam)

Baca juga:  Segera Daftar! KPU Gresik Mulai Buka Lowongan PPK dan PPS