Rekutmen Pengawas Desa untuk Pilbup Gresik Masih Sepi Pendaftar

GresikSatu | Menjelang penutupan atau H-1 penerimaan pendaftaran Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Kabupaten Gresik, Bawaslu Gresik baru terima 48 berkas pendaftar.

Angka tersebut jauh dari total PKD yang dibutuhkan, yakni 356 Desa/Kelurang dengan komposisi 1 anggota PKD per masing-masing Desa.

Berdasarkan Keputusan Badan Pengawas Pemilu Nomor 215/HK.01.01/K1/05/2024 tentang pedoman pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa pada Pemilihan Tahun 2024. Dibuka pendaftaran calon pengawas tingkat Desa.

Kordiv SDM Bawaslu Gresik, Robbah Khunaifih mengungkapkan total pendaftar hingga hari ke tiga yakni masih di angka 48 yang terdiri dari 27 laki-laki dan 21 perempuan. 

“Sesuai data, jumlah pendaftar yang Kami terima hingga hari ke tiga ini sebanyak 48 pendaftar, itu terdiri dari 27 laki-laki dan 21 perempuan,” ungkapnya Senin (20/5/2024).

Baca juga:  Tangani Pelanggaran, Bawaslu Gresik Bentuk Sentra Gakkumdu Pemilu 2024

Melihat animo pendaftar yang rendah, Ia melakukan berbagai upaya untuk membangkitkan warga Gresik. Salah satunya dengan mengajak masyarakat ambil bagian sebagai penyelenggara Pemilihan demi suksesnya Penyelenggaraan Pilkada Gresik 2024.

“Partisipasi masyarakat sebagai Penyelenggara Pilkada merupakan cerminan semangat demokrasi yang kuat di Kabupaten Gresik. Kami berharap masyarakat yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dan segera mendaftar sebagai PKD,” tuturnya.

Pendaftaran calon anggota PKD akan ditutup pada Selasa (21/5/2024) Pukul 17.00 WIB. Bagi pendaftar bisa segera datang ke kantor Bawaslu Gresik dengan menyertakan beberapa syarat.

Adapun persyaratannya cukup mudah diantaranya WNI Paling Rendah umur 21 (dua puluh satu) tahun dan mempunyai kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan Pemilu.

Baca juga:  Tak Jalani Tes Tulis, 17 Pendaftar Panwascam Gresik Gugur

“Pendaftaran akan ditutup besok Selasa kami tunggu sampai pukul 17.00 WIB,”pungkasnya.

Pendaftaran juga dapat dikiri. melalui email rekrutmenadhocgresik@gmail.com untuk informasi lebih lanjut pantau dan ikuti terus Media Sosial dan website Bawaslu Gresik.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler