RS Gresik Sehati Mulai Beroperasi, Wujud Nyata Nawa Karsa Bupati

GresikSatu | Setelah lama dinanti-nanti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik akhirnya menggelar Soft Opening Rumah Sakit (RS) Gresik Sehati dengan membuka pelayanan kesehatan secara gratis.

Pelayanan tersebut meliputi pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan mata, pelayanan kesehatan THT, pelayanan kesehatan kulit, serta khitan umum secara gratis.

Rumah Sakit Gresik Sehati menjadi pelayanan kesehatan bagi masyarakat Gresik, Khususnya di Wilayah Selatan. Rumah sakit ini merupakan wujud nyata Nawa Karsa Bupati dan Wakil Bupati yakni poin Gresik Sehati.

“Berdirinya rumah sakit ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Apalagi saat ini Kabupaten Gresik sudah berjalan Universal Health Coverage (UHC) 100%,” ungkap Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Selasa (27/2/2024).

Baca juga:  HUT Golkar ke-58, Bupati Gresik Beri Hadiah 12 Motor dan 1 Mobil Operasional 

Sebagai tonggak pembangunan, Pemkab Gresik berkomitmen penuh memberikan pelayanan kesehatan yang layak dan gratis melalui program UHC.

“Rumah sakit ini menjadi harapan besar bagi masyakat khususnya di wilayah Gresik Selatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa perlu jauh ke tengah kota,” tuturnya.

Rumah sakit yang berada di Desa Slempit Kecamatan Kedamean ini dibangun dengan luas bangunan 11.570 m², dan berdiri di lahan seluas 8.500 m².

Nantinya, RS Gresik Sehati mampu menampung kapasitas pasien dengan 100 tempat tidur.

“Alhamdulillah, hari ini tepat 3 tahun yang lalu saya dan bu wabup dilantik, kita sudah bisa melihat bangunan RS yang megah ini berdiri,” ujarnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI, drg Yuli Astuti Saripawan. Ia memberikan apresiasi tinggi kepada Bupati dan Wakil Bupati Gresik atas kinerjanya dalam mewujudkan kesehatan masyarakat tanpa tebang pilih.

Baca juga:  Dua OPD di Gresik Dilebur Jadi Satu, Pemadam Kebakaran Jadi Dinas Baru

Berdirinya RS Gresik Sehati sejalan dengan program dari Kementerian Kesehatan RI untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Dengan adanya RS Gresik Sehati ini, setidaknya mampu mengcover empat kecamatan di Kabupaten Gresik. Jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke tengah kota. Apalagi fasilitas dan mutu layanan terlihat sangat baik,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler