Seblang Olehsari: Ritual Bersih Desa dan Tolak Bala di Banyuwangi

GresikSatu | Seblang Olehsari diyakini berasal dari tradisi purba yang diwariskan turun temurun.

Banyuwangi, sebuah daerah yang kaya akan tradisi dan budaya, dikenal dengan beragam ritual uniknya.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Seblang Olehsari, sebuah ritual bersih desa dan tolak bala yang masih lestari hingga saat ini.

Menurut legenda, ritual ini pertama kali dilakukan untuk menghormati leluhur dan menjaga keharmonisan dengan alam sekitar.

Leluhur memiliki peran penting dalam pelaksanaan Seblang Olehsari.

Mereka diyakini sebagai penjaga dan pemberi berkah bagi desa. Masyarakat percaya bahwa dengan melaksanakan ritual ini dapat memperoleh perlindungan dan kemakmuran dari leluhur.

Proses Pelaksanaan Ritual

Sebelum ritual dimulai, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh masyarakat desa.

Ini termasuk membersihkan area sekitar, menyiapkan sesajen, dan mempersiapkan alat musik tradisional.

Pembersihan Area Desa

Pembersihan area desa adalah langkah awal dalam ritual ini. Masyarakat bekerja sama membersihkan lingkungan sekitar dari kotoran dan hal-hal negatif yang diyakini bisa membawa nasib buruk.

Baca juga:  Keindahan dan Keseruan di New Antogan Waterpark, Banyuwangi

Penyusunan Sesajen

Sesajen menjadi bagian tak terpisahkan dari Seblang Olehsari. Sesajen ini biasanya berupa hasil bumi, bunga, dan bahan-bahan lain yang diyakini memiliki kekuatan magis.

Pelaksanaan Ritual Utama

Tari Seblang

Tari Seblang adalah inti dari ritual ini. Tarian ini dilakukan oleh seorang penari yang dianggap sebagai medium antara manusia dan roh leluhur.

Pemilihan Penari

Penari Seblang dipilih berdasarkan garis keturunan. Hanya wanita yang memiliki garis keturunan langsung dari penari Seblang sebelumnya yang boleh menari.

Proses Menari

Selama menari, penari akan memasuki kondisi trans dan dipercaya mampu berkomunikasi dengan roh leluhur. Gerakan tariannya yang khas dan penuh makna menjadi daya tarik utama dari ritual ini.

Musik Pengiring

Musik pengiring tari Seblang dimainkan dengan alat musik tradisional seperti gamelan dan gendang. Irama musik ini dipercaya bisa mengundang roh leluhur untuk hadir.

Baca juga:  Berwisata ke Hutannya Lord Of The Rings De Djawatan Banyuwangi

Makna dan Simbolisme dalam Seblang Olehsari

Seblang Olehsari bukan sekadar tarian, melainkan sebuah doa dan permohonan kepada leluhur.

Ini adalah cara masyarakat untuk menunjukkan rasa hormat dan syukur kepada alam dan roh leluhur.

Gerakan tari Seblang memiliki simbolisme yang dalam. Setiap gerakan mewakili doa dan harapan masyarakat untuk kesejahteraan dan keselamatan desa.

Ritual Seblang Olehsari memiliki dampak besar terhadap kehidupan sosial masyarakat desa. Ini adalah momen dimana seluruh masyarakat berkumpul dan bekerja sama.

Meskipun zaman terus berkembang, masyarakat Banyuwangi tetap mempertahankan tradisi ini. Keberlanjutan Seblang Olehsari menjadi bukti kuatnya budaya dan kepercayaan lokal.

Seblang Olehsari adalah warisan budaya yang sangat berharga. Melalui ritual ini, masyarakat Banyuwangi menunjukkan hubungan erat dengan leluhur dan alam.

Keberadaan Seblang Olehsari menjadi pengingat akan pentingnya menjaga tradisi dan menghormati nilai-nilai leluhur.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Agus Ismanto
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler