Sedikit Mengandung Sianida Gak Ngaruh, Tetap Halal dan Renyah

GresikSatu | Gadung atau yang juga dikenal dengan nama ilmiah Discorea hipsida dennst, merupakan tanaman umbi-umbian yang tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia.

Tanaman ini memiliki umbi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai olahan makanan, salah satunya adalah keripik gadung yang lezat dan bergizi.

Gadung memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kaya akan karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral.

Selain itu, gadung juga mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sayangnya, banyak orang yang enggan mengonsumsinya karena takut keracunan kandungan zat Asam Sianida (HCN) yang terdapat pada umbi Gadung.

Oleh karena itu ada beberapa tips untuk mengolah umbi Gadung agar aman dikonsumsi dan terbebas dari kandungan zat berbahaya.

Tips Mengolah Umbi Gadung:

1. Memilih Gadung yang Tepat

Pertama, pastikan untuk memilih umbi gadung yang segar dan bebas dari kerusakan atau tanda-tanda pembusukan, umbi gadung yang segar cenderung memiliki kulit yang masih kenyal dan tidak berlendir.

2. Mengolah Gadung dengan Benar

Langkah berikutnya yaitu mengolah gadung dengan benar, sebelum proses penggorengan kupas terlebih dahulu kulit gadung hingga bersih.

Kemudian iris gadung tipis-tipis agar senyawa oksalat pada umbi gadung dapat terbuang saat proses perendaman.

3. Merendam Gadung dengan Abu Gosok dan air

Setelah diiris, taburi irisan gadung dengan abu gosok, lalu jemur dibawah sinar matahari terik agar gadung benar-benar kering.

Setelah itu, cuci irisan gadung dengan air mengalir kemudian rendam dalam air bersih selama kurang lebih 3 hari.

Pastikan untuk mengganti air rendaman gadung sehari sekali, selama proses perendaman umbi gadung.

Hal ini  bertujuan untuk mengurangi kadar oksalat dalam gadung hingga risiko keracunan olahan gadung dapat diminimalisir.

4. Merebus Gadung

Proses selanjutnya adalah merebus irisan gadung dalam air bersih selama beberapa menit, pastikan air rebusan telah mendidih terlebih dahulu sebelum memasukan umbi gadung kedalam panci.

5. Menggoreng Keripik Gadung

Setelah proses perebusan selesai tiriskan gadung dan biarkan dingin sejenak, baru kemudian jemur kembali irisan gadung hingga benar-benar kering.

Selanjutnya, anda dapat menggoreng gadung dalam minyak panas hingga kering dan berwarna kecokelatan.

6. Penyimpanan yang Tepat

Setelah keripik gadung matang, simpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelezatan dan kecrispiannya.

Hindari menyimpan keripik gadung di tempat yang lembab atau terkena sinar matahari langsung.

Itulah beberapa cara mengolah keripik gadung agar dapat dikonsumsi dengan aman, mengikuti langkah-langkah di atas anda dapat menikmati camilan kripik gadung yang lezat dan bergizi kapan pun anda mau.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler