Selamat! Tim Hoki Putra Indonesia asal Gresik Dapat Medali Emas di Ajang Sea Game 2023

GresikSatu | Tim hoki indoor putra Indonesia asal Gresik mencatatkan sejarah baru dalam perhelatan olahraga SEA Games 2023 di Kamboja. Mereka berhasil meraih medali emas untuk pertama kalinya di ajang olahraga hoki.

Diperkuat oleh empat atlet asal Gresik, yaitu Ilham Wiranata, Ferdian Fathur, Andrea Guntara, dan Hendri Firdaus, timnas hoki Indonesia berhasil mengalahkan negara raja hoki, Malaysia, dalam pertandingan final dengan skor dramatis 3-3 dan berhasil menang 2-1 pada adu penalti.

Menurut pelatih timnas hoki asal Menganti Gresik, Habibrohim, saat melawan Malaysia di ajang final hoki indoor, Indonesia sempat tertinggal 3-0. Namun, dalam empat menit sebelum pertandingan usai, para pemain Indonesia berhasil mencetak tiga gol secara beruntun sehingga skor berubah menjadi imbang 3-3.

Baca juga:  Cabor Senam Kabupaten Gresik Targetkan 5 Emas Porprov 2022 Jatim

“Kemenangan akhir tersebut tercatat sebagai medali emas perdana bagi Indonesia dalam ajang olahraga hoki,” katanya, Rabu (10/5/2023).

Atlet-atlet hoki timnas Indonesia sendiri berjumlah 12 orang, dengan empat di antaranya berasal dari Gresik. Selain itu, dua atlet asal Gresik juga turut mencetak gol saat melawan Malaysia dalam pertandingan final tersebut.

Pada pertandingan tersebut, terdapat empat quarter atau babak, dengan setiap quarter berdurasi 10 menit. Timnas hoki indoor putra Indonesia sendiri sudah berlaga mulai tanggal 1 hingga tanggal 7 Mei 2023.

Perolehan medali emas ini diharapkan dapat berdampak positif bagi pembinaan atlet hoki junior dan meningkatkan semangat mereka untuk meraih juara di ajang olahraga nasional, Asia, dan internasional.

Baca juga:  Tim BIN Targetkan Tiga Emas di Kejurda Atletik Jatim Terbuka 2023

Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik, drg Saifudin Ghozali, mengapresiasi perolehan medali emas oleh atlet hoki putra Indonesia asal Gresik. Dia berharap prestasi ini dapat memotivasi atlet-atlet muda di Gresik untuk berprestasi lebih tinggi di masa depan.

“Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) sendiri adalah ajang multi-olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia,” terangnya.

Dengan meraih medali emas di ajang ini, lanjut Ghozali, timnas hoki indoor putra Indonesia asal Gresik telah menorehkan prestasi membanggakan bagi Indonesia. (faiz/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler