Serunya Kirab Keliling Tradisi Sambut Ramadan di Kecamatan Tambak Gresik

GresikSatu | Dalam menyambut bulan Suci Ramadan, Pemerintah Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik menggelar pawai kirab taarruf keliling kampung.

Kirab taarruf ini diikuti ratusan anak dan orang tua. Para peserta kirab, membawa mobil Pick UP beserta aksesoris bener dan pernak pernik meriahkan jalannya kirab.

Para peserta kirab makin meriah karena melantunkan sholawat dan lagu religi menggunakan pengeras suara. Juga ada beberapa yang mengunakan sepeda motor mengikuti kirab menyusuri kampung di Kecamatan Tambak.

Kegiatan ini, sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Tambak. Peserta kirab yang terdiri dari anak-anak sekolah tingkat Paud, TK, dan SD itu, juga melakukan pentas seni di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Tambak.

Baca juga:  Banjir Rob Terjang Lima Kecamatan di Gresik, Rendam Ratusan Rumah dan Tambak 

Camat Tambak M Nur Syamsi mengatakan, kegiatan kiran dan pentas anak dilakukan pada Sabtu (9/3/2024). Kegiatan tersebut, bernama Kirab Taaruf & Pentas Anak Sholeh.

“Kegiatan ini, bentuk sinergitas dari PKK Kecamatan Tambak, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kecamatan Tambak, Bunda Paud seluruh Desa Se Kecamatan Tambak dan Keluarga besar Pendidikan Kecamatan Tambak (TK/RA, PAUD, dan SD/MI),” ungkapnya, Senin (11/3/2024).

Menurut dia, kegiatan yang sudah berjalan dua kali di Kecamatan Tambak ini. Hal ini dianggap merupakan bentuk upaya edukasi kepada masyarakat khususnya para anak-anak untuk menyambut buat Ramadan.

“Dengan menyambut Ramadan 1445 H tahun 2024 ini, dengan penuh semangat beribadah dan mempererat silaturahmi antar desa di Kecamatan Tambak, Pulau Bawean,” ujarnya.

Baca juga:  Cegah Penyalahgunaan DD, Kejari Gresik Berikan Penyuluhan Kepada Kepala Desa Bawean

Diakuinya, meskipun kegiatan sempat diguyur hujan. Masyarakat tetap mengikuti rangkaian kegiatan kirab dengan antusias hingga tampilan pentas anak-anak.

“Kirab ini berada di tiga titik. Diantaranya di Desa Telukjatidawang, area Bandar Udara Harun Thohir Desa Tanjungori, dan pantai Mombul Desa Kepuh Legundi. Para peserta kirab nantinya berkumpul di Lapangan Tambak untuk mengikuti kegiatan pentas anak,” paparnya.

Syamsi berharap, kegiatan kirab ini memberikan dampak positif dari masyarakat Bawean. Khususnya Kecamatan Tambak.

“Serta tidak ketinggalan memberikan nilai edukasi kepada para anak didik di sekolah,” pesannya.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler