Strategi Hilirisasi, K3PG Gresik Dirikan Pabrik Ice Tube Berkapasitas 10 Ton Per Hari 

GresikSatu | Koperasi Konsumen Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) memulai pembangunan pabrik ice tube di Kawasan Industri Gresik (KIG).

Proyek ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo dan didampingi Ketua Pengurus K3PG, Awang Djohan Bachtiar, Jum’at (8/3/2024).

Nantinya, pabrik tersebut akan produksi mencapai 10 ton ice tube per hari.

Dwi Satriyo yang juga menjabat sebagai Dewan Penasihat K3PG mengapresiasi awal pembangunan pabrik ice tube atau esn kristal. Lantaran hal tersebut merupakan langkah strategi hilirisasi yang dijalankan K3PG.

“Dulu pendirian pabrik ice tube ini pernah kami pikirkan bersama Bapak Misadi Sumargo (eks Dewan Pengawas K3PG). Alhamdulillah sekarang bisa direalisasikan oleh K3PG sebagai salah satu strategi hilirisasi,” ucapnya, Jum’at (8/3/2024).

Dwi Satriyo berharap pabrik ini, nanti mampu memberikan kesejahteraan bagi Anggota K3PG.

“Semoga pabrik ini mampu membawa pertumbuhan dan kemajuan bagi K3PG untuk kesejahteraan anggotanya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus K3PG, Awang Djohan Bachtiar, menjelaskan bahwa pembangunan pabrik ice tube ini, merupakan salah satu strategi hilirisasi produk yang dijalankan K3PG.

Baca juga:  Datangi Pabrik Pupuk PT Petrokimia, AKD Gresik Minta Jatah Pupuk Subsidi Ditambah

Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi anggota.

“Produk ini nantinya kami labeli dengan merek Cezz. Kami hadirkan dengan mengoptimalkan produksi AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) yang telah dijalankan K3PG sebelumnya. Melalui produk ice tube ini akan mendapatkan margin dan revenue lebih besar lagi,” jelasnya.

Awang menjabarkan, saat ini ice tube lebih populer dan menjadi pilihan konsumen, karena lebih simpel dibandingkan es balok.

Permintaan setiap harinya cukup besar, termasuk di Gresik yang memiliki banyak tempat usaha makanan dan minuman.

Sementara hasil survei tim K3PG ke beberapa pabrik ice tube di Jawa Timur, produksinya masih sangat terbatas dan belum memenuhi semua permintaan.

K3PG mempunyai sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi ice tube, dengan cara hilirisasi dari produksi AMDK. Kami memastikan, ice tube K3PG memiliki banyak keunggulan dibanding produk lain,” tandasnya.

Baca juga:  Petrokimia Gresik Salurkan Bantuan Terdampak Gempa Cianjur 

Pihaknya menambahkan, kelebihan yang ada di Air K (produk AMDK K3PG), tentu dimiliki juga ice tube K3PG. Karena bahan baku yang digunakan sama, yaitu diambil dari sumber mata air pegunungan di Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Selain itu, kata Awang, sumber mata air sangat ramah lingkungan karena berasal dari air permukaan, bukan berasal dari sumur artesis yang dapat mengganggu sistem hidrologi lingkungan.

Ice tube K3PG juga merupakan produk hijau karena lebih sehat dan ramah lingkungan. Diproses secara alami tanpa menggunakan zat tambahan lain dan memiliki kandungan Total Dissolved Solid rendah,” paparnya.

“Kami berani memastikan, produk Cezz lebih higienis dibandingkan dengan produk lain, sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi. Karena kami benar-benar menjaga kebersihan dalam produksinya,” tambahnya memungkasi.

Diketahui, Pabrik ini ditargetkan launching produksi perdana pada tanggal 13 Agustus 2024 sebagai kado istimewa ulang tahun koperasi ke-40.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler