Tunggu Rekom dari Partai Pemenang, Tiga Kandidat Bacabup Gresik Jalani UKK DPP PKB

GresikSatu | DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengundang tiga kandidat Bacabup untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (UKK) Bakal calon kepala daerah pada Pilkada Gresik 2024.

Sebelum mendapatkan rekomendasi, para kandidat diwajibkan mengikuti tahapan yang ditentukan masing-masing parpol. Hal tersebut sebagai pertimbangan untuk memberikan surat rekomendasi dukungan.

UKK menjadi salah satu syarat yang wajib diikuti calon kepala daerah untuk bisa diusung maupun didukung oleh PKB.

“Sebagai salah satu rangkaian dalam tahapan penjaringan. Ada tiga peserta yang mengikuti ujian dengan kategori calon Bupati,” ungkap Ketua Desk Pilkada DPC PKB Gresik Imron Rosyadi, Senin (10/6/2024).

Tiga kandidat tersebut, diantaranya : Asluchul Alif, Syahrul Munir, dan Fandi Akhmad Yani. Mereka mengikuti ujian secara terpisah oleh tim penguji dari DPP PKB.

Baca juga:  Bakal Jadi Akses Integrasi Surabaya - Gresik, Jalan Raya Menganti Dilebarkan

“Masing-masing diuji dengan menyampaikan visi dan misi. Baik dalam konteks kedaerahan maupun strategi yang akan digunakan dalam proses kontestasi,” jelasnya.

Para kandidat yang telah menjalani UKK natinya akan mendapatkan surat penetapan tahap I. Dimana mereka berhak melakukan sosialisasi dan komunikasi di internal parpol. Termasuk eksternal parpol dalam rangka menambah dukungan koalisi.

“Sembari menunggu rekomendasi, kami juga akan aktif melakukan evaluasi untuk disampaikan ke DPP. Sebagai pertimbangan dalam memberikan surat rekomendasi dukungan,” ungkapnya.

Selain itu, para kandidat juga diwajibkan menandatangani pakta integritas. Yakni mampu bekerja dengan sungguh-sungguh jika terpilih sebagai Bupati Gresik untuk 5 tahun mendatang.

“Salah satunya berkomitmen untuk tidak melakukan korupsi dan bentuk penyimpangan kekuasaan lainnya,” tuturnya.

Baca juga:  Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52, Ketua TP PKK Gresik Anugerahkan Nawakarsa Award 2024

Sementara itu, Ketua DPC PKB Gresik Much Abdul Qodir mengungkapkan bahwa peluang tiga kandidat untuk mendapatkan rekomendasi dari PKB sama-sama kuat.

Sebagai bahan pertimbangan, pihaknya juga akan melibatkan lembaga survei untuk mengukur peta politik di Kota Pudak. Termasuk, menjalin komunikasi dengan parpol lainnya dalam rangka membentuk koalisi.

“Sama-sama kuat. Kami berharap kader yang mendapat rekomendasi PKB bisa memenangkan Pilkada,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler