Usai Banjir, Jalan Raya Morowudi Cerme Gresik Berlubang dan Membahayakan Pengendara Motor

GresikSatu | Setelah banjir perlahan surut di Jalan Raya Desa Morowudi, Kecamatan Cerme, Gresik. Jalan Raya tersebut, menyisakan masalah baru bagi warga.

Banyak jalan berlubang dan membahayakan kendaraan motor akibat tergerus air banjir luapan Kali Lamong. Selain itu, kerusakan juga terjadi di jalan Raya Menganti.

Tampak lubang-lubang besar menganga di sepanjang jalan raya Morowudi. Beberapa titik bahkan tidak ada penanda atau rambu-rambu yang memberi peringatan kepada pengendara, hal ini berpotensi dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Salah satu warga yang melintas, Suci Nur Indah (25), warga Dusun Kletak, Desa Putat Lor mengeluhkan kondisi jalan yang rusak. Ia yang hampir kesehariannya melintasi jalan tersebut, tentu harus ekstra berhati-hati.

Baca juga:  Baru Diperbaiki Jalan Raya Morowudi Cerme Gresik Kembali Berlubang

“Lubangnya sangat parah, dan sangat dalam. Itu ya rata-rata hampir berlubang di sepanjang jalan. Dari depan Balai Desa Morowudi ke arah timur sampai depan kuburan, terus ke arah baratnya juga hampir ke Dusun Tandegan,” ungkapnya, Rabu (14/2/2024).

Perempuan yang akrab disapa Suci menambahkan, beberapa titik yang berlubang dipasang ban dan drum kecil oleh warga setempat.

“Selain rusak parah, kalau malam, penerangan lampu agak redup. Jalan ini pasti rusak usai terendam banjir,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik Eddy Pancoro mengatakan, pihaknya telah memasukkan dalam agenda perbaikan atas kerusakan jalan Raya Morowudi.

Baca juga:  Perbaikan Jalan Penghubung Kecamatan Cerme - Benjeng Dilakukan Pertengahan Tahun 2023 

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Kami berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat proses perbaikan jalan. Kami juga mengimbau kepada pengendara untuk tetap berhati-hati dan mengikuti rambu-rambu yang ada,” ucapnya.

Eddy menyebut, tim Unit Reaksi Cepat (URC) juga telah dikerahkan untuk melakukan perbaikan jalan yang rusak. Termasuk, beberapa laporan warga di Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, serta Duduksampeyan.

“Saat ini tim URC sedang menindaklanjuti laporan warga, melakukan pengerjaan di ruas jalan Balongpanggang-Mojopuro, Duduksampeyan-Metatu. Kami berharap dalam waktu dekat jalan tersebut bisa kembali normal dan aman dilalui,” paparnya.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler