Usung Tema Pilkada Berbudaya, Puluhan Anggota Panwascam Gresik Dilantik Pakai Baju Adat

GresikSatu | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik melantik puluhan anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Gresik di ASTON Gresik Hotel & Conference Center, Jum’at (24/5/2024).

Sebanyak 54 anggota Panwascam dari 18 Kecamatan di Kabupaten Gresik mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Diantaranya : kebaya, lurik, hingga sakera.

Ketua Bawaslu Gresik, Achmad Nadhori menyampaikan mengusung tema Politik berbudaya, Bawaslu Gresik tampil dengan mengenakan berbagai pakaian adat kedaerahan sesuai semboyang Bhineka Tunggal Ika.

“Memang pelantikan hari ini sengaja kita pilih tema Pilkada yang berbudaya. Artinya harapan kami dalam Pilkada ke depan bisa mengutamakan etika untuk berpolitik yang baik. Berperilaku santun yang baik,” ungkapnya.

Baca juga:   Bawaslu Gresik Buka Rekrutmen 3.673 Pengawas TPS Jelang Pemilu 2024

Pembentukan panwascam dilakukan dengan 2 (dua) pola Rekrutmen yaitu Rekrutmen Panwascam Existing pemilu 2024 dan Peserta Baru.

Total ada 35 anggota Panwascam dari Existing pemilu 2024 yang diperpanjang, dan 19 Panwascam baru untuk Pemilihan Kepala Daerah.

“Jadi anggota Panwascam yang dilantik hari ini ada yang existing dan ada yang baru. Proses tahap rekrutmennya juga berbeda, tahapan rekrutmen existing adalah para anggota yang kinerjanya kami anggap bagus dan layak untuk menjadi pengawas dalam tahapan Pilkada. Baik proses pemilu maupun kampanye nanti,” tuturnya.

Dengan dilantiknya para anggota Panwascam, Nadhori berharap Pilkada 2024 bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

“Semoga dengan dilantiknya anggota panwascam hari ini mampu menjadi kontrol pengawasan terhadap jalannya pemilu ke depan,” pungkasnya.

Baca juga:  Zainal Abidin Resmi Dilantik Menjadi Kaur Keungan Desa Kambingan Cerme
Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler