Waspada Lonjakan Gula Darah Saat Lebaran: Pilihan Makanan yang Aman bagi Penderita Diabetes

GresikSatu | Hari raya Idul Fitri identik dengan aneka makanan yang menggiurkan, beberapa jenis kue kering, makanan-makanan manis yang cukup riskan bagi kesehatan apabila tidak dibatasi komsumsinya.

Untuk menjaga gula darah tetap normal, Pengidap Diabetes perlu cermat saat memilih menu makan demi mencegah lonjakan gula darah saat momen lebaran.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Ibnu Sina, dr Irma Wesprimawati menyampaikan beberapa makanan yang baik dikonsumsi penderita penyakit Diabetes atau gula darah.

“Sebagian besar buah-buahan memiliki indeks glikemik rendah yaitu kurang dari 55. Sebab, buah-buahan mengandung banyak air dan serat yang dapat menyeimbangkan gula sehingga baik dikonsumsi oleh penderita Diabetes,” tuturnya, Kamis (11/4/2024).

Baca juga:  Usaha Kue Kering di Gresik Banjir Orderan Jelang Lebaran, Panen Untung Hingga Puluhan Juta

Diantaranya : Ubi jalar yang bermanfaat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi lipid atau lemak dalam darah. Kacang-kacangan sebab mengandung protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, vitamin, flavonoid, magnesium, dan kalium.

Kemudian, Bawang putih. Yoghurt dan Sayuran hijau yang mengandung nutrisi tinggi, seperti vitamin A, C, E, K, zat besi, kalsium, dan kalium. Serta mengandung serat, flavonoid, dan senyawa antioksidan cukup tinggi.

Lalu, Buah sitrus. Buah beri yang memiliki antioksidan dan vitamin C yang tinggi di dalamnya serta Daging dada ayam. Selain kaya akan protein, daging dada ayam juga mengandung nutrisi lainnya untuk meningkatkan kesehatan otot, tulang, dan mengoptimalkan kekebalan tubuh.

Baca juga:  Idul Fitri dan Rekonsiliasi

“Sebelum makan, normalnya kadar gula dalam darah berkisar antara 70-130 mg/dl. Kemudian setelah makan, kadar akan naik dari batas tersebut yaitu kurang dari 140mg/dl setelah 2 jam,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler