114 Pendaftar Berebut 19 Kursi Panwascam di Gresik

GresikSatu | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik resmi menutup pendaftaran baru Calon Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Total ada sebanyak 114 Warga Gresik mendaftarkan diri menjadi pengisi kursi kosong Panwascam. Ratusan pendaftar tersebut bakal merebutkan sebanyak 19 kursi Panwascam di 12 kecamatan.

Dari total 114 pendaftar, mereka terdiri dari 81 laki-laki dan 33 perempuan, yang mendaftarkan diri untuk posisi Panwascam di 12 kecamatan.

Kordiv SDM Organisasi dan Diklat Bawaslu Gresik Robbah Khuanifih menyampaikan rasa terima kasih atas antusiasme masyarakat Kabupaten Gresik dalam menyambut gelaran Pemilihan Kepala Daerah mendatang.

“Terimakasih bagi masyarakat kabupaten Gresik dari berbagai elemen yang turut serta dalam mengawal jalannya pilkada melalui pendaftaran panwascam pemilihan serentak tahun 2024,” ungkapnya, Rabu (8/5/2024).

Baca juga:  Pertajam Pemahaman Tugas, Bawaslu Gresik Berikan Bimtek Anggota PKD Se-Kecamatan Manyar

Ia menjelaskan, Bawaslu tidak akan melakukan perpanjangan pendaftaran. Sebab kuota yang dibutuhkan telah tercukupi.

“Dari kuota minimal dua kali kebutuhan, dan memperhatikan keterwakilan perempuan, seluruh kecamatan telah terpenuhi. Bawaslu Gresik tidak akan membuka perpanjangan waktu karena kuota telah terpenuhi,” terangnya.

Hasil penelitian administrasi akan diumumkan pada Tanggal 12 Mei 2024. Masyarakat bisa memberikan tanggapan terhadap Calon Anggota Panwaslu kecamatan pada tanggal 12-17 Mei 2024 langsung di kantor Bawaslu Gresik atau secara online via email resmi.

Kemudian, dilanjutkan Tes tertulis akan diadakan sekitar tanggal 13-14 Mei 2024. Soal-Soal yang akan diujikan seputar kepemiluan khususnya tentang Undang-undang Pemilihan Serentak (Pilkada).

Maka Calon Anggota Panwascam harus bisa menjawab dengan baik agar bisa Lolos pada tahap berikutnya.

Baca juga:  Lima Kapolsek dan Satu PJU Polres Gresik Dimutasi, Kapolres Gresik Beri Pesan Kamtibmas Jelang Tahun Politik 2024

“Kami berharap Panwascam yang terpilih nanti dapat menjalankan tugasnya dengan integritas dan profesionalisme untuk mengawasi jalannya Pilkada 2024,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Tim Gresik Satu
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler