5 Dokter Spesialis Siap Bertugas di RSUD Bawean, Cek Jadwal Praktiknya

GresikSatu | Bagi masyarakat Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, kini tak perlu khawatir lagi dengan fasilitas kesehatan yang ada di dalam pulau. Kini, RSUD Umar Masud rumah sakit milik pemerintah tersebut telah memiliki 5 dokter spesialis.

5 dokter spesialis ini, diperuntukan untuk para pasien yang memiliki kendala penyakit serius. Setidaknya dengan adanya dokter spesialias, turut mengurangi pasien yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit di darat, atau Gresik.

Adapun 5 dokter spesialis itu, antara lain, Dokter Anestesi dr Budi Waluyo, Dokter Spesialis Bedah dr Meilyna Sulphiana Alam, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr M Rizal Abdul Munaf, Dokter Spesialis Obygon dr Erfenes , dan Dokter Anak dr Audylia Hartono.

Dirut RSUD Umar Masud Bawean Drg Helizzamah mengatakan, para dokter spesialis ini mulai bertugas sejak 1 Mei 2023 kemarin. Mereka memiliki kontrak selama satu tahun, sesuai surat tugas yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI.

Baca juga:  Perbup Dokter Spesialis Mandiri, Upaya Pemkab Gresik Mudahkan Cari Dokter Spesialis di Bawean

“Semua kontrak 1 tahun di RSUD Umar Masud Bawean. Khusus dokter spesialis anak mulai per 1 Mei – sampai 30 April 2024,” katanya, Selasa (2/5/2023).

Disebutkan, dengan lima dokter spesialis yang sudah terisi di RS tipe D ini, bisa mengurangi pasien yang dirujuk ke Gresik. Pasalnya dalam beberapa terakhir ini, setidaknya ada beberapa pasien yang dirujuk. Khususnya pasien anak.

“Semoga kedepan tidak sampai terjadi kekosongan dokter spesialis di RSUD Umar Masud Bawean,” harapnya.

Sedangkan untuk layanan Universal Health Coverage (UHC), atau masyarakat dijamin mendapatkan pelayanan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan pelayanan rumah sakit di kelas 3, baik rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta secara gratis.

Baca juga:  Rekutmen Beasiswa Dokter Spesialis RSUD Umar Mas'ud Bawean Dibuka, Buruan Ikuti Seleksinya

“Selagi kartu BPJS pasien masih aktif dan ada surat rujukan, bisa masuk UHC atau pasien IGD. Kalau di RSUD Umar Masud Bawean juga bisa mendaftarkan UHC. Dengan catatan pasien IGD. Selain itu, bisa di Faskes pertama,” urainya.

Jadwal Praktik Dokter Spesialis RSUD Bawean

Hari Senin – Kamis, Pukul 07.00 WIB sampai 14.00 WIB

Hari Jum’at, pukul 07.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB

Hari Sabtu pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. (faiz)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler