Arus Mudik Lebaran Jalur Laut Gresik – Bawean Diprediksi Mengalami Lonjakan

GresikSatu | Arus mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, penumpang kapal ke Bawean diprediksi mengalami lonjakan hingga 10 persen di tahun 2023. 

Hal tersebut diungkapkan saat jajaran petugas gabungan gelar apel persiapan mudik lebaran di Pelabuhan Gresik. 

“Tahun ini akan ada lonjakan sekitar 18.801 orang penumpang kapal bila dibanding tahun lalu sebesar 17.165 orang. Sekitar 10 persen kenaikannya,” ungkap Kepala Kantor Syahbandar Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik, Hotman Siagian, Sabtu (8/4/2023). 

Menurut Hotman, sesuai prakiraan cuaca saat ini diperkirakan masih dalam kondisi bagus untuk mendukung pelayaran kapal-kapal yang akan masuk ke pelabuhan Gresik maupun sebaliknya. Namun harus tetap mewaspadai setiap saat kemungkinan ada kondisi lain, dan tetap harus mengikuti update prakiraan yang diterbitkan oleh BMKG.

Baca juga:  Jelang Ramadan, Penumpang Kapal Menuju Bawean Meningkat

“Untuk armada mudik lebaran ke Bawean. Saat ini ada 3 armada kapal yaitu 2 kapal Ekspres Bahari 8E dan 6F, serta KMP Giliyang,” ujarnya.

Diakuinya, saat ini belum dirasakan adanya lonjakan penumpang kapal, namun diprediksi akan terjadi pada H-7 lebaran dengan melakukan koordinasi dengan pihak operator kapal.

Dalam persiapan mudik jalur laut ke Pulau Bawean, juga ada kesiagaan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Gresik. Tentu hal ini berbeda dari tahun-tahun mudik lebaran sebelumnya. Hal ini sebagai penunjang tim pemadam milik Pelindo selama jalannya angkutan lebaran tahun ini.

“Kami dari pemda Dinas pemadam siap bersinergi 24 jam all out, membantu pelayanan kepada masyarakat terutama yang ada di lkingkungan pelabuhan,” ungkap Kepala DPKP Gresik A.H Sinaga.

Baca juga:  Mudik Lewat Gresik, Perhatikan Ini Lima Ruas Jalan yang Rawan Kecelakaan

Nantinya, armada damkar dari pemerintah daerah Kabupaten Gresik sifatnya on duty. Tidak di standby kan di area pelabuhan.

“Untuk armada damkar di pelabuhan telah disiagakan oleh pihak pelindo, kami sifatnya memback up. Kebetulan posisi kami dekat jadi sangat mudah dan cepat mobilitas damkar bila diperlukan,”tambahnya memungkasi. (faiz/aam)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler