Abdikan Diri untuk Pesantren, Maftuh Kembali Diamanahi Jadi Ketua HIMAM Pusat

GresikSatu | Musyawarah Nasional himpunan Alumni Mambaus Sholihin (HIMAM) tahun 2023 digelar cukup meriah. seluruh peserta dari berbagai Daerah, Anak Daerah, Konsulat dan koordinator angkatan datang mewarnai agenda Pemilihan Rais Syuriyah dan Ketua Umum PP HIMAM yang baru.

Setelah melangsungkan serangkaian kegiatan, agenda MUNAS yang ke 5 tersebut, secara resmi menetapkan Dr Maftuh untuk kembali memimpin HIMAM Pisat di periode berikutnya yakni tahun 2023-2027.

Proses pemilihan itu melalui tahapan : Pencalonan Ketua Umum yang dilakukan melalui pemungutan suara dan atau aklamasi, Pemberian restu oleh mustasyar kepada calon, kemudian Pemilihan Ketua Umum serta Pemilihan Formatur.

Sebelum pemilihan Ketua Umum, terlebih dahulu dilakukan pendemisioneran terhadap Pengurus Pusat HIMAM Periode 2018-2022 oleh Dewan Pembina Pengurus Pusat HIMAM.

Baca juga:  Bawaslu Gresik Temukan Puluhan Ribu Surat Suara Rusak

Sebanyak 232 peserta dari perwakilan daerah memiliki hak untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan Ketua Umum dan Tim Formatur.

Ada 3 Calon Ketua Umum Tanfidziyah PP HIMAM yang diusulkan, yaitu : Dr Maftuh, Dr Muizzuddin, dan M Syaifuddin Jali. Dari 3 calon yang menyatakan siap dan mendapatkan restu dari dewan mustasyar adalah Dr Maftuh.

Sementara Anggota formatur yang terpilih, diantaranya : Dr Muhammad Makinuddin, Dr Moh Asrori, dan Moh Sirojuddin.

Ketua Umum Tanfidziyah PP HIMAM yang terpilih, Dr Maftuh menyampaikan dirinya cukup terkejut saat namanya muncul kembali di arena MUNAS. Mengingat bahwa ia sudah berkhidmah di HIMAM Pusat selama dua periode. Ia juga merasa tak mungkin akan ditunjuk lagi.

Baca juga:  Prihatin dengan Bencana Semeru, Seniman Gresik Lelang Dua Lukisan

“Tetapi jiwa santri kami sudah terdidik dengan doktrin harus siap dipimpin atau memimpin, maka berbekal doa restu masyayikh dan keinginan mayoritas peserta MUNAS maka bismillah. Sebagai Ketua terpilih inshaAllah kami berkomitmen untuk berkhidmah dengan integritas,” ungkapnya, Minggu (31/12/2023).

Maftuh bersama Tim Formatur yang terpilih akan berdedikasi dan loyal terhadap organisasi serta memperkuat jaringan para alumni. Ditambah dengan fokus HIMAM saat ini ingin membantu mimpi KH Masbuhin Faqih untuk membangun Rumah Sakit Bayt Al-Musaadah.

“Kita akan memperkuat jaringan alumni, mendukung pengembangan organisasi, dan yang terpenting di periode ini HIMAM PUSAT akan fokus di kaderisasi kepengurusan. Ini lah cara kami berkhidmah kepada Syaikhina,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler