BPBD Gresik Dirikan Tenda Darurat untuk Korban Tanah Ambles di Driyorejo

GresikSatu | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik bergerak cepat dalam menangani dampak serius akibat tanah ambles di Perumahan Graha Mutiara Indah, Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Gresik.

Lima korban yang rumahnya terhantam bencana tersebut menerima bantuan. BPBD sendiri telah mendirikan tenda darurat untuk mengantisipasi potensi ambles susulan yang dapat memperparah kerusakan rumah-rumah warga.

Kepala BPBD Gresik Suyono mengatakan, pihaknya menerima laporan penurunan tanah di rumah warga itu pada Senin (26/2/2024). Pihaknya pun langsung mengerahkan personel dan berkoordinasi dengan pihak terkait guna melakukan penanganan.

“Hari ini, setelah berkoordinasi dengan Dinas DCKPKP, kami menurunkan personel dan mendirikan tenda darurat. Karena sesuai identifikasi itu penurunan tanahnya antara setengah meter sampai satu setengah meter,” ungkapnya, Selasa (27/2/2023).

Baca juga:  Warga Minta Developer Perumahan Ganti Rugi Rumah Hancur Akibat Tanah Ambles di Driyorejo Gresik  

Menurut mantan Camat Cerme itu, tidak menutup kemungkinan terjadi penurunan tanah susulan. Apalagi jika warga masih bertahan di dalam rumah, tentu sangat membahayakan.

Sementara itu Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gresik Driatmiko Herlambang, para pemilik rumah yang rumahnya ambles diberikan bantuan sembako, untuk meringankan beban warga yang terdampak.

“Kami juga mendirikan posko tenda, dalam waktu sementara ini, akan digunakan tempat istirahat warga yang terdampak,” ujarnya.

Seperti diberitakan, lima unit rumah rusak parah akibat tanah ambles di Perumahan Graha Mutiara Indah Blok A3, Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Gresik, Senin dini hari (26/2/2024).

Berikut ini rincian kerusakan yang terjadi akibat tanah ambles di Perumahan Graha Mutiara Indah.

  1. Laminto – Lantai dapur dan kamar ambles 40-70 centimeter. Tembok dapur roboh.
  2. ⁠Yohanes – Lantai kamar dan dapur ambles 30-140 centimeter. Tembok dapur roboh.
  3. ⁠Nanang – Tembok dapur, kamar tidur dan kamar mandi rusak, lantai ruang tamu ambles, serta plafon rusak.
  4. ⁠Agus – Lantai dapur ambles 120 centimeter dan tembok belakang dapur roboh.
  5. ⁠Jaka – Lantai dapur ambles 120 centimeter.
Baca juga:  Tanah Ambles di Driyorejo Gresik: Lima Rumah Rusak Parah, Penghuni Mengungsi
Reporter:
Tim Gresik Satu
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler