Belasan Yachter Sail To Indonesia 2022 Tiba di Bawean Gresik

GresikSatu | Belasan peserta Wonderful Sail (WS) Indonesia sudah tiba di Perairan Labuhan, Desa Tanjungori Bawean. Para relawan (volunteer) bersama masyarakat menyambut meriah kedatangan belasan yathcer.

Pada penyambutan para yacther ini, perwakilan turis yachter langsung diberikan alat kepala khas Bawean yang terbuat dari daun pandan. Seni pencak silat khas Bawean pun ditampilkan saat penyambutan yachter. Tampak hadir Forkopimcam beserta aparatur desa setempat.

Koordinator relawan WS Indonesia 2022 Pulau Bawean Faisal Baweany mengatakan, dalam penyambutan ini disambut para relawan beserta para siswa sekolah sekitar. Kendati tidak ada sumbangsih dari pemerintah Kabupaten. Pihaknya tetap memberikan pelayanan dan beberapa akomodasi kepada yachter sampai tiga hari kedepan.

“Walaupun tidak ada dukungan, dari pemerintah Kabupaten, Dinas terkait. Sebagai warga Bawean, kami sangat menghargai dan menghormati tamu yang berkunjung ke Rumah kami (Bawean),” ucapnya, Selasa (11/10/2022).

Menurutnya, setelah penyambutan, beberapa relawan akan membantu memberikan pelayanan kepada yachter. Termasuk keliling Bawean, ke Pasar, wisata dan penangkaran rusa.

Baca juga:  Hasil Otopsi Mayat Pria Ditusuk Pisau di Menganti Gresik, Dinyatakan Tewas Sekitar 18 Jam

“Menariknya, para relawan ini dari siswa asal sekolah Mambaul Falah, Tambilung, Sukaoneng, Bawean. Semuanya aktif meramaikan event ini,” ujar Faisal.

Disamping itu lanjut Faisal, para pemuda dari desa setempat juga turut membantu dalam melayani fasilitas yachter yang satu per satu mulai berlabuh di Pantai Labuhan Bawean.

“Meskipun pemerintah tidak membantu sepersen pun, kami tetap berikan layanan prima kepada para tamu (yachter),” harapnya.

Di tempat yang sama, Camat Tambak Muh Nur Syamsi mengucapkan, selamat datang kepada para yachter peserta Sail to Indonesia di Bawean.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, dan menjadi sarana edukasi bagi siswa siswi yang ingin menerapkan pengetahuan bahasa asing,” ucapnya.

Adapun sesuai rundown acara, Sail to Indonesia 2022 di Bawean akan berlangsung selama empat hari. Antara lain, tanggal 10 Oktober kapal layar peserta mulai beedatangan di Pantai Labuhan Tanjungori.

Lalu pada 11 Oktober, ada acara penyambutan para peserta yachter WA21 pada pukul 09.00 Wib hingga 10.00 Wib. Berlanjut pada 12 Oktober ramah tamah beserta live music pada pukul 19.00 Wib sampai 22.00 WIB.

Baca juga:  Kapal Pesiar Asal Amerika Singgah ke Pulau Bawean, Belasan Turis Terpesona Melihat Alam dan Budaya

Kemudian pada tanggal 13 Oktober peserta yachter WS menlakutkan perjalanan destinasi selanjutnya. Perhelatan Sail to Indonesia 2022 di Bawean sudah terhitung tiga kali. Mulai tahun 2018, 2019, dan sekarang tahun 2022. Pulau Bawean tidak satu-satunya pulau yang menjadi tempat kunjungan destinasi para peserta yachter. Ada beberapa tempat di seluruh Indonesia yang menjadi jujukan para turis mancanegara.

Diketahui, rute awal Sailing Pass Rally Sail to Indonesia 2022 dilakukan di Pelabuhan Navigasi Kei, Maluku Tenggara pada pertengaha juli lalu. Rute Sail to Indonesia 2022 menyinggahi Kepulauan Kei, Banda, Ambon, Tifu, Wakatobi, Pulau Wajo, Baubau di Pulau Buton, Muna Barat, Labuan Bajo, Sumbawa, Lombok Utara, Lovina di Bali utara, Bawean, Kumai, Pulau Belitung, Penuba, dan berakhir di Pulau Benan, Lingga, Kepulauan Riau. (Faiz/Tov)

Reporter:
Tim Gresik Satu
Editor:
Tim Gresik Satu
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler