Hutan Konservasi di Bawean Seluas 5 Hektar Terbakar, Hampir Merambat ke Area Pemukiman

GresikSatu | Kebakaran hutan terjadi di Gunung Gunung Pakeman, Dusun Sungai Terus, Desa Balikterus, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Area hutan dan lahan yang terbakar sekitar 5 hektare.

Pemadaman dilakukan secara swadaya masyarakat beserta petugas kepolisian dan Koramil setempat. Api diketahui sekitar pukul 15.00 WIB, Selasa (31/10/2023).

Warga di Dusun setempat panik melihat hutan terbakar. Beberapa warga pun siaga, karena api hampir merambat ke area pemukiman, yang berjarak 1 Km. 

Kepada Desa Balikterus Abdul Aziz mengatakan, kebakaran di hutan konservasi milik BKSDA itu, seluas sekitar 5 hektare. Dalam melakukan pemadaman beberapa petugas kepolisian dan koramil, serta warga melakukan secara mandiri. Dengan memukul dengan kayu bara api yang berdekatan dengan area pemukiman. 

Baca juga:  Tradisi Rasol Bawean, Ritual Memandikan Sapi di Laut Setelah Panan

“Tidak ada air di kawasan hutan tersebut, sehingga warga mengantisipasi api menjalar ke are pemukiman dengan kayu,” ungkapnya, Selasa (31/10/2023). 

Hingga sekitar pukul 21.00 WIB, warga mulai kembali masuk rumah. Kondisi api berhasil dipadamkan. Namun tetap saja dikhawatirkan akan kembali terjadi. 

“Untuk penyebabnya masih belum diketahui, tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian ini,” jelasnya. 

Namun, tambah dia, api membesar karena dalam hutan konservasi tersebut banyak pohon pakis yang kering dan pohon-pohon besar, serta juga faktor cuaca panas di musim kemarau dan angin kencang.

“Kerugian hanya kerusakan hutan lindung seluas 5 hektare dan rumah-rumah madu milik warga Dusun setempat,” tambahnya. (faiz/aam)

Baca juga:  Ukir Prestasi, Siswa SD Asal Bawean Gresik Raih Juara di Ajang Olimpiade Internasional
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler