Keren! Penari Cilik Asal Gresik Mewakili Indonesia Berangkat ke Belanda

GresikSatu | Prestasi membanggakan datang dari Noemi Hana Setiawan, penari cilik berusia 6 tahun asal Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Hana berhasil menorehkan prestasi gemilang di Festival Lomba Tari Kreasi Tingkat Nasional di TMII, meraih Juara 1 dan Grand Winner.

Keberhasilan Hana ini menjadikannya satu-satunya penari dari Gresik yang akan mewakili Indonesia dalam delegasi budaya ke Amsterdam, Belanda, pada September 2024.

Setiap penampilan Hana selalu memukau penonton, berdesakan untuk menyaksikan gaya tari luwesnya yang menandingi penari dewasa.

Hana mengungkapkan kebahagiaannya atas prestasi pertama di ajang tingkat nasional dan prestasi beregu pertamanya. Sebab, ia sebelumnya berangkat sebagai penari tunggal.

“Rasanya deg-degan saat tampil dan pengumuman. Awalnya masuk sepuluh besar dan mendapat trofi kecil, tapi tak disangka bisa jadi juara satu,” ujar Hana pada Senin (10/6/2024).

Baca juga:  Sanggar Tari Profesional Komunitas WIKUS Buka Pendaftaran Anggota Baru

Prestasi ini menambah koleksi trofi Hana yang telah mencapai lebih dari 20 selama setahun terakhir.

Kepada Gresiksatu.com, orangtua Hana, Erna Zuliana, mengaku sangat mendukung minat dan bakat anaknya. Erna bahkan rela mengantar Hana berlatih dari Gresik ke Mojokerto empat kali seminggu sebelum kompetisi di TMII.

“Memang baru satu tahun ini Hana mendalami tari tradisional. Awalnya bergabung dengan sanggar di Gresik, kini ia berlatih di dua sanggar, Bening Irsani Gresik dan Sanggar Sangralaksita di Mojokerto,” kata Erna.

Selain mengantarkannya ke Amsterdam, prestasi Hana juga membuahkan beasiswa sebesar 25 ribu USD untuk belajar di China setelah lulus SMA.

Di Amsterdam nanti, Hana akan membawakan tiga tarian tradisional Indonesia, termasuk Tari Gebyar Barong yang membawanya meraih juara satu di TMII.

Baca juga:  Sanggar Tari Profesional Komunitas WIKUS Buka Pendaftaran Anggota Baru
Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler