Kiprah Tiga Tahun Gus Yani – Bu Min, Berikan Layanan Kesehatan Gratis Hingga Bangun RS Gresik Sehati

GresikSatu | Tiga tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah, memberikan layanan kesehatan menjadi program prioritas. 

Mulai dari layanan kesehatan gratis 100 persen Universal Health Coverage (UHC), dan membangun Rumah Sakit (RS) Gresik Sehati di wilayah Kedamean, Gresik.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menjelaskan, bahwa rumah sakit Gresik Sehati merupakan monumen pelayanan kesehatan bagi masyarakat Gresik. Khususnya bagi warga yang berada di wilayah Selatan Kabupaten Gresik. 

Berdirinya rumah sakit Gresik Sehati di wilayah Desa Slempit, Kecamatan Kedamean, Gresik merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Apalagi saat ini Kabupaten Gresik sudah berjalan Universal Health Coverage (UHC) 100% berobat gratis cukup membawa KTP,” ucapnya, Jum’at (1/3/2024). 

Baca juga:  Peluang Gus Yani Kembali Jadi Bupati Gresik Masih Besar, Pengamat: Tapi Harus Perhatikan Ini

Menurut Gus Yani, Rumah Sakit Gresik Sehati merupakan wujud keseriusan dirinya dan Bu Min usai dilantik selama tiga tahun terakhir.

“Ini sekaligus wujud nyata Nawa Karsa Bupati dan Wakil Bupati yakni Gresik Sehati,” ujarnya. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menyapa warga yang melakukan layanan kesehatan pada acara tasyakuran RS Sehati Gresik (Foto : Prokopim Gresik for Gresiksatu.com)
Penampakan RS Gresik Sehati


Gus Yani menyebut, pembangunan RSGS dibangun memiliki tiga gedung. Berdiri lima lantai dengan kapasitas 100 tempat tidur (TT).

RS ini akan melayani fasilitas kesehatan tingkat pertama, melayani rujukan dari puskesmas dan klinik swasta.

Rumah sakit ini menjadi harapan besar bagi masyakat khususnya di wilayah Gresik Selatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa perlu jauh ke tengah kota.

“Alhamdulillah, tiga tahun kepemimpinan saya dan bu wabup dilantik, kita sudah bisa melihat bangunan RS yang megah ini berdiri,” tuturnya. 

Atas pembangunan RS tersebut, Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI, drg Yuli Astuti Saripawan mengapresiasi kepada Bupati, Wakil Bupati beserta jajarannya atas berdirinya bangunan RS tersebut.

Baca juga:  Gencar Berinovasi, Gresik Diganjar Invesment Award 2021

Lantaran, pembangunan ini, sejalan dengan program dari Kementerian Kesehatan RI yakni mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pasalnya dengan adanya RS Gresik Sehati ini, mampu mengcover setidaknya empat kecamatan di Kabupaten Gresik. Hal ini membuat masyarakat tidak bertumpuk di rumah sakit di tengah kota.

“Apalagi ditambah dengan adanya program UHC dan fasilitas bangunan, maka InsyaAllah mutu layanan bisa baik,” ucapnya. 

Diketahui, RS Gresik Sehati berada di pinggir Jalan Raya Desa Slempit, Kecamatan Kedamean, Gresik. Luas bangunan 11.570 m². Luas lahan 8.500 m². Meliputi 5 lantai, 100 tempat tidur, rawat jalan dan IGD.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler