Makam Sunan Gresik Jejak Perjuangan Islam di Tanah Jawa

GresikSatu | Makam Sunan Gresik salah satu tempat wisata religi yang harus dikunjungi saat berada di Kabupaten Gresik. Sunan Gresik yang memiliki nama populer Syekh Maulana Malik Ibrahim juga merupakan anggota dari Wali Songo yang menyebarkan Islam di Tanah Jawa. Jejak perjuangan Sunan Gresik masih tersisa hingga kini.

Sejarah Sunan Gresik

Sunan Gresik atau yang dikenal dengan nama Syekh Maulana Malik Ibrahim adalah seorang ulama yang berasal dari Gujarat, India. Ia datang ke pulau Jawa pada abad ke-15 dan menyebar agama Islam di wilayah Gresik. Selain sebagai ulama, Sunan Gresik juga dikenal sebagai tokoh yang memiliki kemampuan dalam bidang perdagangan. Ia memiliki peran penting dalam mengembangkan perdagangan di wilayah Gresik pada masa itu.

Peninggalan Sunan Gresik

Di dalam kompleks makam Sunan Gresik terdapat beberapa bangunan peninggalan Sunan Gresik yang masih dapat dilihat hingga saat ini. Salah satunya adalah makam Sunan Gresik yang berada di bagian tengah kompleks. Di sebelah makam terdapat bangunan berupa masjid kecil yang menjadi tempat ibadah bagi para pengunjung. Selain itu, terdapat juga beberapa makam keluarga Sunan Gresik dan bangunan penginapan bagi para peziarah yang datang dari luar daerah.

Lokasi Makam Sunan Gresik

Makam Sunan Gresik terletak di desa Ngabetan, kecamatan Gresik, kabupaten Gresik, Jawa Timur. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Gresik, sehingga dapat ditempuh dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Selain itu, terdapat juga beberapa akomodasi di sekitar kompleks makam untuk para wisatawan yang ingin menginap.

Baca juga:  Sambut Ramadan, Ganjar Pranowo Ziarah Makam ke Sunan Gresik

Ziarah ke Makam Sunan Gresik

Bagi umat Islam, makam Sunan Gresik menjadi salah satu tempat ziarah yang penting. Setiap tahunnya, pada bulan Maulid, para peziarah dari berbagai daerah datang ke makam Sunan Gresik untuk memperingati kelahiran Sunan Gresik. Selain itu, banyak juga yang datang untuk berdoa dan mencari berkah di tempat yang dianggap suci ini.

peninggalan makam sunan gresik
Arsip Dokumen Foto Lama Makam Sunan Gresik. (Foto : istimewa)

Keindahan Makam Sunan Gresik

Selain memiliki nilai sejarah dan spiritual yang tinggi, kompleks makam Sunan Gresik juga memiliki keindahan arsitektur yang menarik. Bangunan-bangunan di dalam kompleks dibuat dengan gaya arsitektur khas Jawa Timur pada masa itu, sehingga terlihat sangat indah dan artistik. Di sekitar makam juga

terdapat pepohonan yang rindang dan taman yang indah, sehingga menjadikan kompleks makam Sunan Gresik sebagai tempat yang nyaman dan tenang untuk beribadah dan berziarah.

Haul Sunan Gresik

Haul Sunan Gresik diadakan setiap tahun pada bulan Maulid, yaitu bulan kelahiran Sunan Gresik. Haul ini biasanya diisi dengan kegiatan seperti pengajian, tahlilan, dan doa bersama. Para peziarah yang datang dari berbagai daerah turut serta dalam haul ini untuk memperingati kelahiran Sunan Gresik.

Baca juga:  Jelang Ramadan Peziarah Wisata Religi di Makam Sunan Gresik Membludak¬†

Kajian tentang Ajaran Sunan Gresik

Selain sebagai seorang ulama dan penyebar agama Islam, Sunan Gresik juga memiliki ajaran-ajaran yang khas dan unik. Beberapa ajaran yang dikembangkan oleh Sunan Gresik antara lain tentang perdagangan, kebersihan, dan toleransi antar umat beragama. Kajian tentang ajaran Sunan Gresik sering kali diadakan di sekitar kompleks makam untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran yang telah dikembangkan oleh Sunan Gresik.

Adat Istiadat Sekitar Makam Sunan Gresik

Di sekitar kompleks makam Sunan Gresik terdapat beberapa adat istiadat yang masih dipraktikkan oleh masyarakat setempat. Salah satunya adalah tradisi “Larung Sesaji” yang dilakukan setiap tahun pada bulan Syawal. Tradisi ini dilakukan dengan melemparkan sesaji ke laut sebagai bentuk penghormatan kepada Sunan Gresik.

Berikut adalah sejarah Sunan Gresik dan letak makam Sunan Gresik. Anda perlu mengujungi tempat ini, karena memiliki nilai historis dan spiritual yang tinggi. Lokasi makam yang berada di tengah kota menjadikan tempat ini banyak dikunjungi para peziarah. (aam)

spot_img

Advertisement