Home Berita Gres Makin Cantik, Area Terminal Lyn Bunder, Bakal Disulap Jadi Taman Lalu Lintas Gresik

Makin Cantik, Area Terminal Lyn Bunder, Bakal Disulap Jadi Taman Lalu Lintas Gresik

Makin Cantik, Area Terminal Lyn Bunder, Bakal Disulap Jadi Taman Lalu Lintas Gresik
Beberapa fasilitas sudah dibangun di Taman Lalu Lintas area terminal lyn bunder, Gresik (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Area terminal lyn Bunder, Gresik bakal disulap jadi taman lalu lintas. Pembangunan taman yang dulunya dibangun kios-kios ini, sebagai penunjang fasilitas di terminal tipe C tersebut. 

Pantauan di lapangan, kios-kios yang berada di area terminal angkutan yang memgakomodir wilayah kota itu, sudah dibangun beberapa bangunan, lampu taman, serta air mancur taman. Pada malam hari air mancur tersebut berwarna warni. 

“Pembangunan itu, bersumber dari anggaran dari CSR Waskita, totalnya sekitar Rp 1 M,” ungkap Kepala Bidang Tata Kelola Prasarana Perhubungan Dishub Gresik, Arditra Risdiansah, Rabu (10/5/2023). 

Nantinya, lanjut Ditra taman tersebut ada fasilitas edukasi bagi masyarakat tentang rambu-rambu lalu lintas. Sekaligus edukasi ke anak tentang pengenalan rambu-rambu lalu lintas agar tertib berlalulintas mulai dini. 

“Juga ada spot kongko-kongko atau tempat nongkrong,” imbuhnya. 

Menurut dia, pembangunan taman lalu lintas tersebut, diperkirakan Juli sudah selesai, dan tidak ada perubahan untuk terminal lyn wilayah kota. 

“Termasuk lyn antar kota yang juga numpang parkir di Terminal. Tetap seperti biasanya, cuman ditambahi taman lalu lintas,” jelasnya. 

Kabid Pertamanan dan Dekorasi DLH Gresik Maya Iswatie menambahkan, pembangunan taman tersebut merupakan kompensasi dari Waskita, sebagai pengganti taman yang tedampak jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM). 

“Tepatnya di area waduk Bunder yang terdampak tol KLMB, maka pihak Waskita membangun taman pengganti di area terminal lyn bunder. Pembangunan semuanya dari Waskita, di ABPD kita tidak ada untuk pembangunan taman,” paparnya. 

Di taman lalu lintas itu, lanjut Maya juga dilengkapi Pujasera, taman difabel, air mancur, pengenalan rambu-rambu lalu lintas, dan tempat nongkrong atau santai. (faiz/aam)