Memasuki Babak Akhir! Timsel Pilih 10 Nama Bakal Calon Anggota KPU Gresik

GresikSatu | Timsel Zona III KPU Jawa Timur akan menggelar Tes Kesehatan dan Wawancara kepada 20 besar calon komisioner KPU Gresik.

Nama-nama tersebut akan kembali diseleksi untuk memilih 10 besar peserta terbaik.

Menjelang babak akhir ini, peserta akan mengikuti tes kesehatan pada 16-19 April di Rumah Sakit tingkat III Brawijaya Surabaya.

Kemudian, dilanjutkan dengan tes wawancara pada 20-24 April mendatang, bertempat di Hotel Novotel Samator Surabaya.

Serangkaian tes tersebut merupakan salah satu bagian dari proses seleksi calon anggota KPU Gresik. Setelah ditetapkan 10 nama terbaik, hanya akan dipilih 5 nama sebagai komisioner KPU Gresik periode 2024-2029.

“Untuk tes wawancara, seluruh zona seleksi akan dipusatkan. Sehingga peserta dari seluruh Jawa Timur akan berkumpul,” ungkap Ketua Timsel Provinsi Jawa Timur 3 Sasongko Budisusetyo, Selasa (16/4/2024).

Baca juga:  Edukasi Siswa Jadi Pemilih Cerdas, SMANU 2 Gresik Berkunjung ke KPU

Pelaksanaan tes kesehatan akan dikomandoi oleh tim dari TNI AD, yang meliputi medical check-up dan kondisi kesehatan secara umum.

Lalu, tahapan wawancara akan dilakukan secara panel oleh tim seleksi.

“Setidaknya, ada tiga topik yang akan menjadi bahan wawancara. Antara lain integritas, independensi, serta profesionalitas kepemiluan,” terangnya.

Timsel juga menerima tanggapan masyarakat terkait informasi mengenai para peserta.

“Sejauh ini cukup banyak tanggapan yang masuk. Ini akan menjadi bahan pertanyaan sekaligus bahan pertimbangan untuk menentukan layak atau tidak mengemban tugas sebagai komisioner KPU Gresik,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan, pengalaman dalam bidang penyelenggara Pemilu tidak menjadi patokan jika gagal saat menjalankan rangkaian seleksi yang dilakukan Timsel.

Baca juga:  Sasar Tempat Ibadah, KPU Gresik Gelar Sosialisasi Pemilih ke Gereja-gereja

“Seluruhnya memiliki peluang, karena memiliki kompetensi yang baik dan merata,” pungkasnya.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler