Mengenal Dewa Dewi dalam Perayaan Imlek di Klenteng Kim Hin Kiong Gresik

GresikSatu | Klenteng Kim Hin Kiong Gresik memiliki altar dewa dewi atau para suci yang selalu dipenuhi umat Tionghoa untuk memanjatkan doa.

Pada perayaan imlek ke 2575, Tempat Ibadah Klenteng akan dipenuhi warga Tionghoa untuk melakukan sembahyang suci. Satu-satunya Klenteng di Gresik hanya di TITD Kim Hin Kiong.

Dalam rumah ibadah TITD Kim Hin Kiong Gresik terdapat 9 altar. 1 altar merupakan tempat berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Di Klenteng Gresik ada 8 altar Dewa dan 1 altar Thian Kong/ Tuhan yang Maha Esa. Jadi, ada 9 altar sembahyang,” ungkap Wakil Ketua TITD Kim Hin Kiong Gresik, Yanto, Jum’at (9/2/2024).

Altar Tian Gong ( Thi Kong / Tuhan ) digunakan umat Tionghoa untuk bersujud dan meminta doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga:  Sambut Perayaan Imlek 2023, Klenteng Kim Hin Kiong Gresik Lakukan Tradisi Cuci Patung Dewa

“Selain itu, dewa-dewi juga memiliki peranan masing masing dalam ritual keagamaan yang dilakukan oleh jemaat. Disini tuan rumahnya adalah Dewi Makco atau biasa disebut Dewi samudra/laut,” tuturnya.

Lalu, ada Dewa Kwan kong, Seorang Jenderal perang yang arif dan bijaksana. Yang ke 3 Dewi Kwan Im yang welas asih. Yang ke 4 Dewa Bumi atau Dewa Roa Pek Kong.

“Kemudian, yang ke 5 Dewa harimau Putih. atau disebut Pek Ho Ya. Yang ke 6 Dewa Atau altar Tri Nabi (Budha, Tao dan Kong Hu Cu) yang ke 7 Dewa Rejeki/ atau Dewa Cai Sen Yek. Dan yang ke 8 Dewa Dapur atau, dewa Cau Kun Kong,” jelasnya.

Baca juga:  Klenteng Kim Hin Kiong Gesik Salurkan Puluhan Ton Paket Beras Lewat LAZISNU

Klenteng Kim Hin Kiong berada di Jalan DR Setia Budi, Bedilan, Pulopancikan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.

Reporter:
Chofifah Qurotun Nida
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler