Perjuangan Melawan Stunting, Pemdes Pekalongan Fasilitasi Balita Kurang Mampu ke RSUD Ibnu Sina Gresik

GresikSatu | Pemerintah Desa (Pemdes) Pekalongan, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik, menunjukkan komitmennya dalam perang melawan stunting.

Perjuangan melawan stunting itu dibutktikan dengan Pemdes memfasilitasi perawatan seorang balita yang kurang mampu untuk diantarkan ke RSUD Ibnu Sina di Gresik.

Kepala Desa Pekalongan, Hariyono, menyatakan ini merupakan keseriusan pemerintah desa dalam menangani kasus stunting.

Satu balita dari Dusun Barat Gunung, Desa Pekalongan, harus dirujuk ke RSUD Ibnu Sina Gresik untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Kami menganggap hal ini sebagai bagian dari upaya nyata dalam memberantas stunting, yang menjadi salah satu program prioritas pelayanan desa,” ujar Hariyono pada Minggu (25/2/2024).

Rencananya, pada Senin mendatang (26/2/2024), balita berusia 1 tahun 7 bulan tersebut akan berangkat ke Gresik bersama ibunya menggunakan kapal.

Baca juga:  Pemdes Pekalongan Bawean Gresik Bangun Sumur Bor untuk Atasi Krisis Air

Mereka akan langsung dirawat di RSUD Ibnu Sina Gresik sesuai dengan rekomendasi dari RSUD Umar Mas’ud setelah dilakukan pemeriksaan sebelumnya.

Hariyono, atau yang akrab disapa Yono, juga menyampaikan bahwa pemerintah desa telah melakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya penanganan stunting.

“Meskipun awalnya keluarga pasien ragu karena kendala finansial, namun dengan penuh kesabaran dan bantuan dari pemerintah desa, kami berhasil meyakinkan keluarga tersebut,” tuturnya.

“Dari pemberangkatan hingga kepulangan ke Pulau Bawean, kami siap memberikan pendampingan dan bantuan,” tegas Yono.

Dia berharap dengan upaya ini, masyarakat setempat dapat bersama-sama aktif dalam mencegah dan menanggulangi stunting di Desa Pekalongan.

“Semoga kerjasama antara pemerintah desa dan masyarakat dapat menghasilkan hasil yang positif, bahkan menuju pencapaian Zero Stunting di Desa Pekalongan,” pungkasnya.

Baca juga:  Maju Lagi Menjadi Cakades Pekalongan Bawean, Umar Bawa Misi Bangkitkan Perekonomian

Dengan langkah ini, Pemdes Pekalongan menegaskan komitmennya dalam memerangi stunting dan memberikan contoh nyata tentang pentingnya peran serta pemerintah desa dalam menjaga kesehatan masyarakatnya.

Reporter:
Mifathul Faiz
Editor:
Aam Alamsyah
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler