Puluhan Tim Sepakbola Ikuti Turnamen Blispi Youth Cup U-15 di Gresik

GresikSatu I Turnamen sepakbola usia muda Indonesia, Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (Blispi) kembali di gelar di Gresik pada 19-21 Mei 2023 mendatang yang diikuti sebanyak 32 tim dari berbagai provinsi.

Turnamen Blispi Youth Cup U-15 2023 rencananya diadakan di Stadion Gelora Joko Samudro dengan venue (lapangan) menggunakan Stadion Semen Gresik, Lapangan Banjarsari Cerme, dan Lapangan Sri Waringin Kedanyang.

Ketua Blispi Pusat Subagja mengatakan, tim yang berhasil meraih gelar juara nantinya mendapatkan kuota 70 persen pemain dan satu pelatih, akan dikirim mengikuti kejuaraan internasional di Vietnam dan Thailand.

“Kuota juara hanya diambil pemain-pemain yang direkomendasikan pelatih. Lalu 30 persen kuota lainnya nanti diambil dari pemain-pemain potensial hasil dari pemantauan tim talent scouting selama kompetisi berlangsung,” katanya.

Baca juga:  Tiga Pesepakbola U-12 Asal Gresik Perkuat Indonesia di Turnamen Pelajar ASEAN

Subagja melanjutkan turnamen Blispi ini sebanyak 32 tim dari berbagai provinsi yang dibagi ke dalam 8 grup, nantinya menjalani pertandingan dalam format setengah kompetisi memperebutkan 2 peringkat teratas.

” Ada 32 tim yang bertanding, memakai formt setengah kompetisi. Setelah penyisihan setengah kompetisi, lanjut sistem knock-out. Jadi, dua tim teratas dari masing-masing grup lolos masuk ke 16 besar, dan memperebutkan tiket final,” ucapnya, Senin (15/05/2023).

Tidak hanya itu, untuk menambah perbaikan lapangan pihak panitia juga memberikan bantuan kepada dua venue yang akan dijadikan sebagai tempat pelaksanaan turnamen Blispi Youth Cup U-15.

“Kita juga membantu fasilitas yang mengalami kerusakan di Lapangan Banjarsari dan Lapangan Sri Waringin Kedanyang, karena itu sebagai bentuk pembinaan. Masing-masing mendapatkan 10 bola dan 2 jaring gawang,” ungkap Subagja.

Baca juga:  Tiga Pesepakbola U-12 Asal Gresik Perkuat Indonesia di Turnamen Pelajar ASEAN

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Blispi Youth Cup U-15, Bonnie AZ menuturkan bahwa, pihahknya selaku tuan rumah sudah menyiapkan semua perangkat kompetisi dengan matang.

“Semua lapangan sudah kita persiapkan. Jumat (19/05/2023) besok, Stadion Gelora Joko Samudro untuk seremonial pembukaan, lalu siangnya sudah siap pakai. Begitu juga tiga lapangan lainnya. Siangnya serentak ada pertandingan di empat lapangan,” jelasnya.

Seperti yang sudah diberitakan, turnamen Blispi Youth Cup merupakan bagian dari rangkaian program sebelumnya. Salah satunya Blispi Youth Cup U-12 Putra dan U-15 Putri Road to Kuala Lumpur yang digelar di Gejos pada Maret 2023 lalu. (Tov)

Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler