Tanda-tanda Jika Tubuh Kamu Sedang Mengalami Kelebihan Gula

GresikSatu | Gula merupakan komponen yang umum ditemukan dalam makanan sehari-hari, namun, konsumsi berlebihan gula dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan tubuh.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tanda-tanda yang jarang diketahui namun perlu diwaspadai sebagai indikasi bahwa tubuh Anda kelebihan gula.

Jerawat yang Tidak Kunjung Hilang

Tanda pertama kelebihan gula yang sering diabaikan adalah jerawat yang sulit diatasi. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak oleh kelenjar sebasea di kulit.

Akumulasi minyak ini kemudian dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Jika jerawat terus muncul meskipun Anda sudah menjaga kebersihan kulit dan pola makan, ini bisa menjadi sinyal bahwa asupan gula Anda perlu dikontrol.

Penurunan Fungsi Kognitif

Terlalu banyak gula dalam diet juga dapat memengaruhi fungsi otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan risiko gangguan kognitif dan penurunan daya ingat.

Anda mungkin merasa sulit berkonsentrasi atau mengalami kebingungan mental secara terus-menerus.

Jika Anda mengalami penurunan fungsi kognitif tanpa penyebab yang jelas, periksa kembali pola makan Anda dan perhatikan asupan gula harian.

Baca juga:  Waspada Lonjakan Gula Darah Saat Lebaran: Pilihan Makanan yang Aman bagi Penderita Diabetes

Masalah Kulit yang Kronis

Kulit kering, gatal, atau bahkan ruam yang sulit diatasi bisa menjadi tanda lain dari kelebihan gula.

Gula yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan sistemik, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

Jika Anda memiliki masalah kulit kronis yang tidak kunjung sembuh meskipun sudah menggunakan produk perawatan yang tepat, mungkin waktunya untuk mengevaluasi pola makan Anda.

Penurunan Energi dan Kelelahan

Merasa lelah dan lesu secara terus-menerus bisa jadi karena tubuh Anda berjuang untuk mengatur kadar gula darah yang tinggi.

Gula yang dikonsumsi berlebihan dapat memberikan lonjakan energi sementara. Namun setelah itu dapat diikuti oleh penurunan tajam yang membuat Anda merasa lelah.

Jika Anda sering merasa kelelahan tanpa alasan yang jelas, coba periksa pola makan Anda dan kurangi asupan gula.

Gangguan Metabolisme dan Resistensi Insulin

Salah satu tanda yang lebih serius dari kelebihan gula adalah gangguan metabolisme dan resistensi insulin.

Asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah.

Baca juga:  Catat, Berikut ini 9 Makanan untuk Mencegah Rasa Kantuk dan Menjaga Gula Darah

Resistensi insulin dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan masalah kesehatan lainnya.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan diabetes atau mengalami gejala resistensi insulin, konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Mengelola Konsumsi Gula dengan Bijak

Penting untuk mengelola konsumsi gula secara bijak demi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan secara berlebihan.

Lebih baik mengandalkan sumber gula alami seperti buah-buahan segar daripada makanan olahan yang tinggi gula.

Selain itu, perhatikan label makanan dan minuman yang Anda konsumsi untuk memastikan asupan gula harian tetap dalam batas yang direkomendasikan oleh ahli gizi.

Dengan memperhatikan tanda-tanda kelebihan gula dan mengambil langkah-langkah untuk mengelola konsumsi gula dengan bijak.

Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah risiko gangguan kesehatan yang terkait dengan asupan gula berlebihan.

Jaga pola makan seimbang dan konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki kekhawatiran tentang asupan gula Anda.

Reporter:
Hilda Azhura
Editor:
Ashadi Ihsan
Rekomendasi Berita

Advertisement

Terpopuler